Hari Anak Nasional 23 Juli 2018, BKKBN Kampanyekan 'Stop Perkawinan Anak'

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2018 oleh BKKBN, bertema 'Stop Perkawinan Anak'.

Hari Anak Nasional 23 Juli 2018, BKKBN Kampanyekan 'Stop Perkawinan Anak'
Acara peringatan Hari Anak Nasional 2018 bertema "Stop Perkawinan Anak”, diadakan BKKBN di Panggung Putro Pendowo, Area Teater Imax Keong Mas TMII, Jakarta, Minggu (22/7/2018). (instagram/bkkbnofficial) 

TRIBUNJAMBI.COM - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2018. Acara yang diadakan di Panggung Putro Pendowo, Area Teater Imax Keong Mas TMII, Minggu (22/7/2018), itu bertema 'Stop Perkawinan Anak'.

Peringatan Hari Anak diharapkan menjadi momentum pengingat untuk memperjuangkan hak-hak anak.

"Hak atas kelangsungan hidup, hak tumbuh dan berkembang, hak mendapat perlindungan, dan hak partisipasi, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang GENIUS (Gesit Empati beraNI Unggul Sehat) dan Generasi Berencana untuk Indonesia Emas," ujar Plt kepala BKKBN Sigit Priohutomo.

BKKBN juga mengajak para anak yang hadir untuk berikrar stop pernikahan dini.

Diharapkan dengan kesadaran ini baik warga maupun pemerintah berkomitmen untuk melindungi hak-hak anak demi mempersiapkan perencanaan berkeluarga yang matang.

"Menghapuskan perkawinan anak, perkawinan dini dan perkawinan paksa perlu komitmen bersama dari berbagai pihak yakni pemerintah, swasta dan orang tua," kata Sigit.

Acara ini dihadiri ratusan anak dan orang tua, remaja dari Perkumpulan Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja, Perkumpulan Rumah Singgah, dan Para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya BKKBN dan Instansi terkait seperti Kemenko PMK, KemenPPPA, Kemenpora, Kemenkes, Kemensos, Kemenag, Bappenas, BNN, dll.

Acara ini juga diramaikan dengan tarian anak-anak Lenggang Nyai dari Rumah Singgah Himata, flashmob Asian Games 2018, lomba mewarnai, dan berbagai permainan menarik lainnya.

Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli. Itu merupakan gagasan mantan Presiden RI ke-2, Soeharto. Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 44/1984, setiap tanggal 23 Juli ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional (HAN).

Baca: Live Streaming Liverpool vs Borussia Dortmund ICC 2018 di TVRI dan iNews, Mulai Pukul 03.00 WIB

Baca: Bocoran Produk Baru, Samsung Siapkan Flagship Smartphone Gabungan Galaxy S dan Note

Baca: Sidak Lapas Klas IIA Jambi, Wartawan Tak Diajak Masuk, Ini Penjelasan Kakanwil

Editor: duanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved