Breaking News:

Editorial

Baru Langkah Awal Caleg

Proses pendaftaran kemarin menitikberatkan pada persyaratan pencalonan (parpol) dan syarat calon itu sendiri.

Editor: Deddy Rachmawan
tribunjambi/wahyu herliyanto
KPUD Sarolangun akan melakukan verifikasi persyaratan berkas bacaleg. 

PROSES pemilihan legislatif memasuki tahapan selanjutnya Rabu (18/7), yaitu proses verifikasi berkas. Proses ini dilakukan menyusul ditutupnya tahapan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) pada Selasa (17/7) pukul 24.00.

Pendaftaran bacaleg sebagian dilakukan parpol peserta Pemilu 2019 hingga jelang habis masa waktu (deadline) pendaftaran, Selasa tengah malam. Padahal pendaftaran sendiri telah dibuka sejak 4 Juli lalu.
Hingga detik-detik akhir pendaftaran, dari 16 parpol peserta pemilu, ditemui beberapa hal. Di antaranya, pertama, ada beberapa partai yang tidak mendaftarkan calonnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di masing-masing daerah. Sejauh ini belum jelas informasi mengapa parpol tersebut tidak mendaftarkan calonnya.
Kedua, ada partai politik yang mendaftarkan calonnya, namun hingga detik terakhir tidak dapat memenuhi persyaratan pencalonan.

Ketiga, sekalipun mendaftarkan bacalegnya, namun ada partai yang tidak dapat memenuhi jumlah kursi yang diperebutkan untuk dprd di daerah tersebut.

Pada proses pendaftaran, parpol peserta Pemilu 2019 diharuskan mendaftarkan bacalegnya dengan persyaratan yang diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan untuk DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten.

Proses pendaftaran kemarin menitikberatkan pada persyaratan pencalonan (parpol) dan syarat calon itu sendiri. Misalnya, pada persyaratan pencalonan, ada dua hal yang harus dipenuhi parpol saat mendaftarkan bacalegnya. Seperti perlu adanya surat rekomendasi pimpinan partai yang harus ditandatangani basah, dokumen yang menunjukkan keterwakilan (kuota) perempuan dan bakal penempatannya, serta pakta integritas.

Setelah persyaratan pencalonan partai, baru persyaratan calonnya akan dilihat. Berdasarkan dua aturan itu, ada dua hal yang harus dipenuhi, yaitu syarat pencalonan (partai) dan syarat calon itu sendiri. Berdasarkan Pasal 240 UU Pemilu itu, ada daftar panjang persyaratan yang harus dipenuhi seorang calon legislatif.

Baca: Jadwal International Champions Cup 2018, Laga Pembuka Manchester City Vs Borussia Dortmund 21 Juli

Dua persyaratan ini tentu membutuhkan waktu untuk dipenuhi agar bisa didaftarkan. Inilah satu di antara alasan yang dikemukakan pihak parpol, hingga mereka baru mendaftarkan calonnya pada jelang deadline akhir pendaftaran. Selain itu, mereka pun beralasan karena membuka waktu panjang untuk menjaring bacaleg.

Baca: LIVE STREAMING International Champions Cup 2018 Klik Disini - Club dari 9 Negara Eropa Siap Tanding

Tahapan pendaftaran kemarin akan menunjukkan kepada kita, kesiapan masing-masing parpol dalam menghadapi kontestasi politik. Bagaimana partai dapat menjaring calon dan bagaimana mereka dapat memenuhi persyaratan tersebut. Ini adalah dua urusan yang gampang-gampang susah. Karena, tidak semua calon yang diincar ini dapat memenuhi daftar panjang persyaratannya.

Proses pendaftaran kemarin adalah awal dari jalan panjang parpol dan bacaleg menuju gedung dewan. Masih panjang rangkaian yang harus dilalui, di antaranya verifikasi berkas hingga penetapan mereka sebagai caleg.
Kita berharap, KPU dapat memainkan perannya dengan sangat baik, hingga kita akan memiliki caleg-caleg yang memang telah diverifikasi dan memang berhak untuk bersaing memperebutkan pemilih pada saatnya nanti. (*)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved