Pileg 2019

Dari 16 Partai, Dua di Antaranya Absen Dalam Pileg 2019

Dari 16 partai peserta pemilihan umum dalam pemilihan legislatif mendatang dua di antaranya tidak melakukan pendaftaran

tribunjambi/abdullah usman
Pendaftaran ke KPUD Batanghari 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Abdullah Usman

TRIBUNJABI.COM, MUARA BULIAN - Dari 16 partai peserta pemilihan umum dalam pemilihan legislatif mendatang dua di antaranya tidak melakukan pendaftaran ke KPUD Batanghari, Rabu (18/7).

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Batanghari, dari hasil rekap berkas pendaftaran peserta pileg KPU menerima 392 berkas bakal calon legislatif dari 14 partai politik yang mengusulkan bakal calegnya.

"Dari 16 partai politik peserta pemilu 2019, ada 14 partai politik yang mengusulkan bakal calegnya. Sementara dua partai sisanya hingga pukul 00.00 tidak ada melakukan pendaftaran," Ujar Kepala KPUD Batanghari A Kadir.

Sementara itu dua partai politik yang tidak mengusulkan bakal calegnya, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda). Hingga saat ini memang tidak ada pemberitahuan dan alasan pasti terkait absennya mereka.

Dikatakannya pula, setelah tahapan pengusulan bakal caleg dilakukan oleh partai politik, tahapannya selanjutnya melakukan verifikasi berkas bakal caleg yang dilakukan oleh pihak KPUD hingga tanggal 18 juli 2018.

" Jika terdapat kesalahan dan kekurangan pada berkas bakal caleg, maka pihak yang bersangkutan harus melakukan perbaikan hingga batas waktu yang ditetapkan," ujarnya kepada tribunjambi.com

Dijelaskannya pula, tahapan penerimaan dan verifikasi persyaratan bakal caleg tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten Kota. (usn)

Tags
Pileg 2019
Penulis: Abdullah Usman
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved