BKSDA Turun ke Sungai Teluk Dawan, Lokasi Bocah yang Diserang Buaya

Ia memprediksi penyerangan itu disebabkan beberapa faktor. Satu diantaranya adanya perubahan sifat terhadap hewan tersebut.

BKSDA Turun ke Sungai Teluk Dawan, Lokasi Bocah yang Diserang Buaya
tribunjambi/zulkifli
Nasib naas menimpa Yadi Putra (11), bocah yang masih duduk di bangku kelas 6 SD ini, nyaris tewas setelah diterkam buaya di Sungai Teluk Dawan tak jauh dari rumahnya, Sabtu (7/7/2018) sekira pukul 22.30 Wib malam tadi, di Rt 04 Kelurahan Teluk Dawan, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Tommy Kurniawan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pasca penyerangan seekor buaya terhadap seorang anak di wilayah Sungai Teluk Dawan, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), tim BKSDA Jambi hari ini berencana akan ke lokasi.

"Besok (hari ini) kita akan ke sana untuk melihat dan mencari langkah bagaimana kejadian tersebut tidak terulang lagi," sebut Farid, Kepala Seksi Tiga BKSDA Jambi.

Farid mengakui bahwa di wilayah Sungai Teluk Dawan merupakan habitat buaya sejak lama. Sebelumnya, kejadian serupa pernah terjadi di Tahun 2010 lalu.

Baca: Sungai Teluk Dawan Terkenal Bahaya, Rumah Buaya Ganas di Jambi

"Sungai itu besar dan panjang. Jadi, jumlahnya (buaya,red) cukup banyak. Memang di wilayah itu bukan wilayah konservasi ataupun hutan lindung. Tapi wilayah itu memang habitatnya," terang Farid, saat dihubungi Tribunjambi.com.

Ia memprediksi penyerangan itu disebabkan beberapa faktor. Satu diantaranya adanya perubahan sifat terhadap hewan tersebut.

"Cuma, untuk lebih pastinya besok kita akan ke sana. Apakah kita evakuasi atau tidak," ujarnya.

Baca: VIDEO: Bocah SD di Tanjabtim Nyaris Tewas Diterkam Buaya, Begini Cara Yadi Bisa Selamat

Menurut Farid, konflik antara buaya dan manusia sering terjadi di wilayah tersebut. Sayangnya masyarakat masih enggan untuk memberitahu.

"Kejadian sebelumnya ada tapi ya hanya melihat saja masyarakat. Kami mengimbau kepada masyarakat khususnya disekitar sungai untuk lebih hati hati, khusus anak anak kalau bisa didampingi orang tua," tuturnya. (*)

Penulis: Tommy Kurniawan
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved