Separuh Balita di Muarojambi Bertubuh Pendek, Apa Latar?

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar Nasional, 50,06 persen balita di Kabupaten Muarojambi pendek. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas

Separuh Balita di Muarojambi Bertubuh Pendek, Apa Latar?
TRIBUN JAMBI/SAMSUL BAHRI
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi, Yes Isman 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar Nasional, 50,06 persen balita di Kabupaten Muarojambi pendek. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Zainal Abidin melalui Sekretarisnya, Yes Isman, Rabu (4/7).

Terhadap hasil riset yang dikatakan oleh Yes Isman, artinya hampir separuh balita yang ada di Kabupaten Muarojambi bertubuh rendah (Stanting).

"Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Nasional hampir seluruh balita di Muarojambi pendek. Karena data riset tersebut menunjukan 50,06 persen balita di Muarojambi bertubuh tidak sesuai dengan umurnya (stanting)," jelasnya.

Baca: Sah, Paslon Nomor Dua Ungguli Kandidat Lain

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa hal ini disebabkan karena beberapa faktor, yakni lebih kepada akses air bersih dan juga akses sanitasi. Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa akses sanitasi meliputi pembuangan kotoran baik manusia ataupun sampah, kemudian makanan yang tercemar.

"Akses air bersih di Muarojambi itu berbeda-beda, 65 persen secara nasional akses air bersih itu kurang, bahkan sanitasi lebih parah, 70 persen masih banyak yang membuang limbah sembarangan," jelasnya.

Untuk mencegah hal tersebut, untuk pencegahan masalah agar tidak bertambah di Kabupaten Muarojambi saat ini bisa dilakukan dengan cara interfrensi sfesifik yakni dimulai dari pemberian tablet darah pada remaja, ibu sebelum hamil dan hamil, dan ibu menyusui berlanjut kepada bayi dan balita.

"Karena masalah stanting ini hanya bisa diketahui dari bayi hingga balita saja, maka pencegahannya dimulai dari remaja hingga masa ibu menyusui," terangnya.

Baca: Hanya 48 Desa yang Sudah Bebas BAB Sembarangan di Kab. Muarojambi

Baca: Beberapa Izin Depot Air Minum di Kabupaten Muarojambi Ditunda karena Temuan Bakteri E-Coli

Penulis: samsul
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved