Hanya 48 Desa yang Sudah Bebas BAB Sembarangan di Kab. Muarojambi

07 desa di Kabupaten Muarojambi masih memiliki kebiasaan buang air besar sembarangan. Perlu diketahui bahwa Kabupaten Muarojambi

Hanya 48 Desa yang Sudah Bebas BAB Sembarangan di Kab. Muarojambi
TRIBUN JAMBI/SAMSUL BAHRI
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi, Yes Isman 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - 107 desa di Kabupaten Muarojambi masih memiliki kebiasaan buang air besar sembarangan. Perlu diketahui bahwa Kabupaten Muarojambi memiliki 155 desa artinya hanya 1/4 desa yang baru bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala . Ia menjelaskan bahwa hanya sekitar 48 desa yang sudah bebas buang air besar sembarangan.

Baca: Beberapa Izin Depot Air Minum di Kabupaten Muarojambi Ditunda karena Temuan Bakteri E-Coli

"Hanya 48 desa di Kabupaten Muarojambi yang baru bebas dari buang air besar sembarangan. Itu artinya masih sedikit dari jumlah desa yang ada di Muarojambi," jelasnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa hal ini bukanlah persoalan sepele. Karena dampak dari pada pembuangan air besar sembarangan ini berdampak pada perkembangan bakteri E-Coli.

"Pembuangan air besar itu kan ada yang buang air besar di kebun, di sungai. Nah itu kan membuat perkembangan bakteri E- Coli itu semakin tinggi," ujarnya.

Masih banyak masyarakat yang mengambil air dari air permukaan atau air tanah yang mengandung bakteri E coli karena tercemar oleh tinja manusia. Sanitasi buruk juga menimbulkan dampak, seperti mengakibatkan stunting atau pendek.

Baca: Pleno Rekapitulasi Berlangsung Alot, PPK Bacakan Berita Acara Keberatan Saksi

Baca: 160 CJH Kab. Muarojambi Siap Diberangkatkan Tahun Ini

Penulis: syamsul
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved