Petani Tidak Panen Dua Minggu karena Lebaran, Produksi Sawit Melimpah

Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit hampir dua pekan ini mengalami penurunan meskipun penurunan tidak mencapai ratusan rupiah.

Petani Tidak Panen Dua Minggu karena Lebaran, Produksi Sawit Melimpah
TRIBUN JAMBI/FITRI AMALIA

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit hampir dua pekan ini mengalami penurunan meskipun penurunan tidak mencapai ratusan rupiah.

Sebab turunnya harga sawit karena libur lebaran yang panjang sehingga produksi sawit yang berlimpah. "Petani tidak panen selama libur lebaran, panen yang seharusnya dilakukan setiap hari, baru dua minggu dipanen menyebabkan buah yang dihasilkan banyak sekali, sehingga menyebabkan produksi berlebih," jelas Agusrizal, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Kamis (28/6).

Baca: Panwaslu Sebut Pilkada Merangin Aman, Namun Partisipasi Menurun

Penurunan harga juga karena keterbatasan pabrik menerima dan ada juga pabrik yang masih tutup karena belum 100 persen karyawannya bekerja. Sedikitnya, penyebab turunnya harga sawit juga dipengaruhi turunnya harga dolar dan pembelian dari luar negeri berkurang.

"Untuk permintaan sendiri masih stagnan dan isu-isu lingkungan masih dihembuskan dari negara Eropa, tinggal kita yang menyikapinya memang harus hati-hati," ujarnya.

Berdasarkan hasil rapat penetapan harga TBS kelapa sawit untuk periode 29 Juni sampai 05 Juli 2018, harga TBS kelapa sawit turun Rp 28. Pada pekan sebelumnya, harga TBS kelapa sawit usia tanam 10 sampai 20 tahun Rp 1.580 kilogram. Pada pekan ini harga TBS kelapa sawit usia tanam 10-20 tahun Rp 1.552 kilogram.

Sementara itu, untuk harga TBS Kelapa sawit usia tanam tig tahun Rp 1.218/kilogram, untuk usia tanam empat tahun dihargai 1.295/kilogram, lalu untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam lima tahun Rp 1.355/kilogram.

Baca: Sidang Proyek PLTMH Digelar, Tiga Saksi Dihadirkan

Baca: Pilkada Merangin - Al Haris dan Nalim Selisih 9 Persen, Tunggu Hasil KPU

Sedangkan untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam enam tahun dihargai Rp 1.412/kilogram, untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam tujuh tahun Rp 1.447/kilogram, dan untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam delapan tahun dihargai Rp 1.478/kg.

Lanjutnya, untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam sembilan tahun dihargai Rp 1.507/kilogram, kemudian untuk harga TBS usia tanam 10-20 tahun dihargai Rp 1.552/kilogram. Lalu untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam 21-24 tahun dihargai Rp 1.505/kilogram dan untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam 25 tahun dihargai Rp 1.434/kilogram.

Penulis: fitri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved