Tak Ada Jaringan, Warga Merbau Cari Sinyal Sampai Pinggir Sungai

Untuk mendapatkan sinyal yang lumayan bagus untuk berkomukasi lewat telepon, warga harus mencari titik tertentu, misalnya di tepi sungai.

Tak Ada Jaringan, Warga Merbau Cari Sinyal Sampai Pinggir Sungai
Tribun Jambi/Zulkifli
Warga Desa Merbau kesulitan mengakses sinyal 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Di era digital sekarang ini, ternyata masih ada sejumlah desa di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang belum terjangkau pancaran sinyal telpon seluler.

Di Desa Merbau, Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjung Jabung Timur contohnya, di desa ini, jangankan untuk mengakses internet, sinyal untuk telpon dan SMS saja susah.

Hanya di titik-titik tertentu saja yang terdapat pancaran sinyalnya kuat, seperti di tepi sungai.

Yasmin (32) warga Desa Merbabu mengungkapkan, jika ketersediaan sinyal telpon seluler sangat dibutuhkan warga. 

Baca: Minta Masyarakat Tanjabtim Manfaatkan Pemutihan Pajak, Zulkifli: Mumpung Masih Ada Waktu

Sebab banyak warga yang ingin berkomunikasi dengan sanak keluarga lewat telepon genggam, maupun mereka yang ingin mengakses internet.

"Di sini susah betul sinyalnya, padahal rata-rata warga di sini sudah punya hand phone semua," kata Yasmin, saat Tribunjambi.com berkunjung ke desanya, Selasa (26/6).

Untuk mendapatkan sinyal yang lumayan bagus untuk berkomukasi lewat telepon, warga harus mencari titik tertentu, misalnya di tepi sungai atau memasang antena penguat sinyal di rumah.

"Jadi kalau mau nelpon itu kita pergi ke tepi sungai, biasanya kalau air pasang sinyalnya lumayan bagus. Kalau dak tu kita beli dan pasang antena penguat sinyal hendphone di rumah," ujar Yasmin.

Baca: Sekda Tanjabtim Larang ASN Nambah Libur Usai Pilkada Serentak

Yasmin mengaku, letak menara tower base Transeiver station (BTS) dari desanya cukup jauh. Menara tower BTS hanya ada di Desa Kampung Lama dan Sungai Beras, namun pancaran sinyal yang sampai ke Desa Merbau sangat minim.

"Tower yang ada sekarang itu jauh betul, jadi sinyal dak sampai sini. Jadi mohon kepada Pemerintah agar bisa mendorong segera dibangun tower yang tak jauh dari sini," pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved