Praktik Pungli

Spanduk Biaya Masuk Objek Wisata dan Parkir Dipasang, Pengelola dan Petugas Parkir Tak Gubris

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci telah memasang spanduk biaya masuk objek wisata di lokasi wisata yang dikelola Pemkab.

Spanduk Biaya Masuk Objek Wisata dan Parkir Dipasang, Pengelola dan Petugas Parkir Tak Gubris
TRIBUN JAMBI/HERUPITRA

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci telah memasang spanduk biaya masuk objek wisata di lokasi wisata yang dikelola Pemkab. Pemasangan spanduk yang dilakukan sebelum libur lebaran itu dilakukan agar jangan terjadi pungutan liar (Pungli).

Namun imbauan Pemkab itu, ternyata tak dihiraukan oleh pengelola objek wisata. Pengelola tetap mematok biaya masuk jauh dari yang ditetapkan Pemkab.

Baca: Pilkada Kota Jambi - Fauzi : Tim Lawan Sudah Was-was

Seperti yang terjadi di objek wisata Danau Kerinci. Untuk biaya masuk petugas mematok tarif Rp 10 ribu/orang, sedang biaya parkir motor Rp 10 ribu/motor dan mobil di atas tarif parkir motor.

Padahal sesuai aturan yang disampaikan Kadis Parbudpora Kerinci Andinal beberapa waktu lalu. Bagi para pengunjung yang ingin ke objek wisata, tak perlu mengeluarkan biaya mahal. Pemkab telah mematok biaya masuk yang cukup terjangkau.

“Biaya masuk ke objek-objek wisata yang kita kelola sudah ada perdanya. Untuk diwasa Rp 4.000 dan anak-anak Rp 2.000,” sebutnya.

Diungkapkannya, selain biaya masuk di dalam perda tersebut juga diatur biaya parkir bagi para pengunjung. Biaya parkir di objek wisata yakni roda dua Rp 2.000 dan roda empat Rp 4.000.

“Jadi bayarlah retribusi sesuai perda yang telah ditetapkan,” sebutnya.

Lanjutnya, agar para pengunjung tidak tertipu oleh oknum yang tidak bertangunggunjawab. Perda retribusi biaya ke objek wisata tersebut telah mereka sebarkan yakni melalui spanduk-spanduk.

“Spanduk tentang perda retribusi tersebut telah kita pasang disetiap lokasi objek wisata yang kita kelola itu,” pungkasnya.

Baca: Tarif Masuk dan Parkir di Objek Wisata Danau Kerinci Masih Langgar Perda, Segini Angkanya

Baca: Korban Penembakan Dikenal Sering Bantu Polsek Mandiangin dalam Pengembangan Kasus

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved