8 Gejala Kanker Kerongkongan, yang Menewaskan Ari Malibu, Nomor 4 di Indonesia

Cukup tingginya angka penderita kanker tenggorokan ini menunjukkan bahwa diperlukan pemahaman serta tindakan pencegahan yang tepat

8 Gejala Kanker Kerongkongan, yang Menewaskan Ari Malibu, Nomor 4 di Indonesia
Ari Malibu (instagram/reda.gaudiamo) 

TRIBUNJAMBI.COM - Musisi senior Ari Malibu tutup usia setelah melawan kanker kerongkongan.

Seperti dilansir kompas.com, kepergian Ari dikabarkan oleh rekan duetnya, Reda Gaudiamo, melalui akun Instagram-nya, @reda.gaudiamo, Kamis (14/6/2018) malam.

"Ari Malibu telah menyelesaikan perjalanannya. Di malam penuh takbir, dikelilingi keluarga dan sahabat, ia menutup mata. Pulang ke rumah penciptanya. Lepas sudah semua sakit yang menyiksa selama ini," tulis Reda pada keterangan foto hitam putih Ari.

"So long. True Fighter. Miss you already," kata Reda. Menurut pesan singkat yang didapat Kompas.com, Ari Malibu meninggal dunia di RS Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Kamis pukul 20/25.

"Jenazah akan disemayamkan di Jalan Ibnu Taimia 4 no 119, Kompleks UIN Ciputat," demikian bunyi pesan tersebut.

Kanker kerongkongan bahaya?

Dijelaskan di situs www.alodokter.com, kanker tenggorokan merupakan tumor ganas yang tumbuh dan berkembang di area tenggorokan. Tumor itu berasal dari sel-sel yang menjadi berlipat ganda jumlahnya secara tidak terkendali.

Berdasarkan jenis sel yang berubah menjadi kanker, kanker tenggorokan dibagi menjadi dua, yaitu karsinoma sel skuamosa (abnormalitas terjadi pada sel selaput) dan adenokarsinoma (abnormalitas terjadi pada sel kelenjar).

Baca: Muntah Seperti Lumpur Habis Itu Linglung, Bupati Jember Gregetan Jenazah TKI Faida Tak Kunjung Kelar

Baca: Ada Open House di Rumah Dinas Wali Kota Jambi Sampai Sore, Silakan Datang

Baca: Tiga Pesan yang Disampaikan Ramadan, Musuh Terbesar Hawa Nafsu

Sedangkan berdasarkan area tenggorokan yang diserang, kanker tenggorokan dikelompokkan menjadi 3, yaitu kanker faring, laring, dan tonsil. Kanker faring sendiri dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu kanker nasofaring (kanker yang menyerang bagian atas tenggorokan), orofaring (kanker yang menyerang bagian tengah tenggorokan), dan hipofaring (kanker yang menyerang bagian bawah tenggorokan).

Nomor 4 di Indonesia

Halaman
1234
Penulis: duanto
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved