Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Diproyeksi 5,2%, BI: Optimisme Konsumen Meningkat

Bank Indonesia (BI) memproyeksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2018 sebesar 5,2%. Hal ini disebabkan oleh beberapa komponen

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Diproyeksi 5,2%, BI: Optimisme Konsumen Meningkat
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Gubernur BI Perry Warjiyo 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memproyeksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2018 sebesar 5,2%. Hal ini disebabkan oleh beberapa komponen pertumbuhan ekonomi yang sejak kuartal I-2018 sudah tumbuh baik diperkirakan akan bertahan.

“Di kuartal II, pertumbuhan ekonomi kami proyeksi 5,2%,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo, di Gedung BI Jakarta, Jumat (8/6)

“Apakah dengan gaji ke-13 maupun yang lain-lain itu juga bisa dorong ke konsumsi,” ujar Perry.

Baca: 2 Tahun Pascakudeta - Erdogan: Pemerintahan Darurat akan Dicabut Setelah Pemilu Raya

Perry menambahkan, geliat ekonomi domestik terpantau semakin baik yang tercermin dari survei eceran yang dilakukan BI mengindikasikan pertumbuhan penjualan eceran lebih tinggi karena pada April 2018 tumbuh 4,1% yoy dari yang hanya 2,5% pada Maret 2018.

“Sejumlah barang yang catatkan penjualan cukup tinggi misalnya makanan, minuman, dan tembakau, lalu Bahan Bakar Minyak (BBM), dan lain-lain. Ini menunjukkan aktivitas ekonomi terus meningkat,” ujarnya.

Adapun survei konsumen BI mengindikasikan optimisme konsumen yang meningkat di Mei 2018. Hasil survei konsumen yang dilakukan oleh BI menunjukkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2018 naik 2,9 poin ke level 125,1. Kenaikan itu didorong oleh sejumlah faktor pendukungnya, terutama oleh indeks penghasilan dan indeks pembelian barang tahan lama. “Ini didorong oleh THR dan hari Idul Fitri. Ini beberapa faktor dan berikan optimisme konsumen membaik,” jelasnya.

Namun demikian, untuk konsumsi pada kuartal II-2018 diperkirakan belum akan menembus 5%. “Belum lah tapi membaik dari sebelumnya,” katanya.

Baca: Kondisi Tanah Abang Makin Semrawut, Sandiaga Uno Sebut Potensi dan Peluang Baru

Baca: Bakal Ada Pesawat Gantung di Jambi Paradise pada Libur Lebaran Kali Ini

Selain itu, Perry bilang komponen ekspor diperkirakan pada kuartal II-2018 akan cukup baik. 

Sedangkan investasi swasta diperkirakan makin baik dimana sejak kuartal I-2018 sudah menunjukkan pertumbuhan 7,9%.

“Kami lihat geliat ekonomi terus meningkat dari kuartal I-2018. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi pada tahun ini bisa 5,2%,” ujar Perry.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved