Ramadan Mubarak

Ponpes Mambaul Ulum Terapkan Kurikulum Seimbang antara Agama dan Sains, Ini Latar Belakangnya

"Asal usulnya, kami melihat minat masyarakat menginginkan anaknya dapat pekerjaan yang layak gaji dan ilmu pengetahuan..."

Tribun Jambi/Mareza Sutan AJ
Santri Ponpes Mambaul Ulum. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mambaul Ulum merupakan satu di antara pondok pesantren (ponpes) yang ada di Jambi.

Menurut Pengasuh Ponpes Mambaul Ulum, KH M Shoffa Saifillah Al Faruq, Ponpes Mambaul Ulum memiliki jadwal kurikulum formal pukul 07.15-14.00.

Kemudian pukul 14.00-17.30 terdapat kurikulum pesantren. Selain itu, di ponpes ada juga sekolah tinggi dan program tahfiz.

Menurutnya, awalnya pihak ponpes melihat minat masyarakat menginginkan anak-anak mereka mampu berkompetisi dalam mencari pekerjaan dengan gaji layak, ilmu pengetahuan yang baik, namun tetap menginginkan anak-anak mereka bermoral, beretika, dan berakhlak mulia.

"Asal usulnya, kami melihat minat masyarakat menginginkan anaknya dapat pekerjaan yang layak gaji dan ilmu pengetahuan yang bagus. Di saat bersamaan, orang tua juga menginginkan anaknya bermoral, beretika dan berakhlak. Sehingga, waktu itu sekolah terpadulah yang mampu menjawabnya," terangnya.

Di sisi lain, kata dia, harga sekolah terpadu rata-rata di atas jangkauan masyarakat.

"Akhirnya, kami punya inisiatif untuk membuka itu (ponpes). Biar lebih maksimal, diasramakan. Maka muncullah inspirasi, untuk menjadikan pondok pesantren yang harganya jauh di bawah, tapi hasilnya sama. Anak pintar agama dan punya ijazah formal. Sehingga bisa kuliah, masuk angkatan dan sebagainya," jelasnya.

Selain itu, dia bilang, ingin menunjukkan bahwa, santri juga mampu berkontribusi buat pemerintah dan masyarakat.

Sehingga, dengan begitu, mampu mengubah persepsi masyarakat yang mengatakan santri hanya akan berada di sekitaran masjid.

Halaman
12
Penulis: Mareza
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved