Lewati Empat Pengujian, Amirzon Pastikan Daging di Pasar Tanjung Bajure Aman

Ada empat uji sampel yang dilakukan untuk daging yang dijual di pasar. Yakni, uji PH kadar air daging, uji Borak,formalin dan uji sampel daging Babi.

Lewati Empat Pengujian, Amirzon Pastikan Daging di Pasar Tanjung Bajure Aman
tribunjambi/heru
pegawai dinas peternakan Sungai Penuh menguji sampel daging 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Jelang lebaran Pemerintah Kota Sungai Penuh melalui Dinas Peternakan (Disnakan) melakukan uji sampel terhadap daging yang dijual dipasarkan tradisional Tanjung Bajure. Uji sampel tersebut dilakukan secara mendadak dengan mendatangi pasar, Selasa (5/6).

Sekretaris Dinas Peternakan Kota Sungai Penuh, Armizon mengatakan, ada empat uji sampel yang dilakukan pihaknya terhadap daging yang dijual di pasar tersebut. Yakni, uji PH kadar air daging, uji sampel Borak, uji sampel formalin dan uji sampel daging Babi.

"Setelah dilakukan uji sampel ini bisa dipastikan jika daging yang beredar di pasar ini bersifat asuh. Yakni aman sehat utuh dan halal sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi daging," kata Armizon.

Diungkapkannya, uji sampel terhadap peredaran daging ini, dilakukan sebulan sekali.

"Nantinya, dua hari sebelum lebaran pihaknya akan melakukan uji sampel lagi mengingat menjelang lebaran kosumsi daging meningkat," ungkapnya.

Dia menyebutkan, selain melakukan uji sampel daging, Sidak ke Pasar Tradisional yang mereka lakukan juga untuk memastikan ketersediaan stok daging menjelang lebaran nanti.

Berdasarkan pantauan pihaknya, untuk sementara ketersedian stok daging menjelang lebaran dipastikan aman dan cukup.

"Untuk stok hingga lebaran bisa kita pastikan aman," sebutnya.

Terkait harga daging juga masih normal tidak ada lonjakan. Untuk daging lokal dijual Rp 120 ribu sedangkan untuk daging impor dijual Rp 100 ribu.

"Untuk harga masih normal, kita akan terus lakukan pemantauan. Jika terjadi kenaikan kita akan lakukan penekanan," pungkasnya

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved