Soal Diskon untuk Konsumen, 2 Departmen Store Ini Bantah Harga Dinaikkan Terlebih Dahulu 

Menjelang hari raya Idul Fitri, sifat konsumtif masyarakat meningkat dan ini peluang untuk pedagang dengan menawarkan

Soal Diskon untuk Konsumen, 2 Departmen Store Ini Bantah Harga Dinaikkan Terlebih Dahulu 
TRIBUN JAMBI/FITRI AMALIA

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menjelang hari raya Idul Fitri, sifat konsumtif masyarakat meningkat dan ini peluang untuk pedagang dengan menawarkan diskon besar besaran.

Matahari Lippo Plaza Jambi menawarkan berbagai program promo untuk masyarakat. Chandra, Supervisor Matahari Lippo Plaza Jambi dengan tegas mengatakan Matahari Lippo Plaza Jambi memberikan diskon tersebut tanpa menaikkan harga terlebih dahulu.

Baca: Ramayana Midnight Sale - Dari Diskon 80 Persen Hingga Hiburan Live Musik Gambus

"Memang banyak saya mendengar gosip kalo diskon itu harganya dinaikkan dulu, tapi tidak di Matahari Lippo Plaza Jambi, tidak ada unsur-unsur menaikkan harga lalu didiskon, dari awal datang barang atau produk harga tetap dan customernya Matahari juga telah tahu harga produk Matahari berapa aslinya, dan ketika diskon 75 persen suatu produk, pasti langsung habis dan itu satu bukti bahwa produk kita tidak dinaikkan dulu harganya," tegasnya.

Saat tribunjambi.com bertanya mengenai target penjualan item fashion, meski tidak dijelaskan secara rinci, namun managemen Matahari Lippo Plaza Jambi menargetkan pertumbuhan 25 persen dari tahun lalu dalam masa selama Ramadan dan lebaran.

Dan yang paling signifikan naiknya mendekati lebaran ini adalah fashion item anak anak. Dikatakannya hingga kini minat produk anak telah menembus target penjualan.

Baca: GALERI FOTO: Berbagi di Bulan Ramadan, ROC Boncengi Anak Panti Asuhan dengan Motor Gede

Baca: Tidak Disarankan Mengonsumsi Pil KB Secara Terus-menerus, Efeknya Cukup Membahayakan

Hal yang sama juga dikatakan oleh Asisten Manager Ramayana, Lekat Dianto.

"Alhamdulillah sampai kemarin, 16 Ramadan, peningkatan dari tahun kemarin cukup bagus, yang berjalan saat ini kita diangka 20 persen, estimasi kita mendekati puncak," ujarnya.

Ia mengatakan, Ramayana memprediksikan mulai dari tanggal 5 Juni puncaknya dan puncak tertingginya mulai dari tanggal 9 Juni dan 10 Juni 2018.

"Estimasi kita mendekati puncak ya, karena THR pegawai dan lainnya itu belum cair, kenaikan pengunjung juga 2-3 kali lipat, " ujarnya.

Mengenai diskon, ia mengatakan dengan tegas tidak ada yang namanya menaikkan harga. "Kalau naikkan harga tidak ada, tapi kita memang ada barang khusus yang untuk diskon jadi barangnya udah dipersiapkan," tuturnya.

Ketetapan harga Ramayana Jambi merupakan wewenang kantor pusat. Tugas Ramayana Jambi hanya menjual dan mempromosikan. Harga barang tidak ada perubahan dari tiba hingga diskon diberikan.

Baca: Tetapan Zakat Fitrah Antar-kota/kabupaten di Jambi Berbeda.  Ini Alasan Kemenag

Baca: Matahari Lippo Plaza Jadi Serbuan - Ini Item Pakaian Favorit Pria Milenial dan Wanita

Baca: Soal Pohon Plastik - Sandiaga: Harusnya Koalisi Pejalan Kaki Juga Kritik yang Muncul Tahun Lalu

"Kalau dinaikkan itu begini pengertiannya, pada saat barang datang dari Jakarta, harganya Rp100.000, pada saat mau diskon kita jadikan harganya Rp200.000, baru didiskon, tidak ada yang seperti itu, pada saat barang itu datang harganya sesuai, hari ini kita diskon 20, besoknya lagi 30, besoknya lagi diskon sekian kan tetap harganya segitu tapi memang kita ada barang yang khusus untuk diskon," jelasnya.

Dikatakannya, Ramaya juga sering membuat diskon tambahan dadakan, tentu tidak memungkinkan merubah harga dalam waktu singkat. "Apalagi Ramayana sering mengadakan diskon, dadakan tadinya diskon 50 dan dalam waktu 15 menit tiba-tiba kita tambah diskonnya 20 persen, kapan lagi kita mau naikin harganya, kan diskonnya mendadak," ujarnya.

Baca: Inilah 3 Situs Agama Paling Penting, Per-9 Juni Israel Tutup Pintu bagi Turis Indonesia

Baca: Elektabilitas Calon DPR-RI, HBA Terpopuler di Kota Jambi. di Kerinci Dikalahkan Sosok Ini

Baca: Suku Bunga Acuan Dikerek, DPK Berpotensi jadi Rebutan Antar-bank

Baca: Polres Tanjab Barat Gelar Sertijab Kasat Reskrim dan Kapolsek

Penulis: fitri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved