Disnakertrans Nyatakan Belum Ada TKA Ilegal di Sarolangun

“Dari informasi yang kita dapat baik dari tim PORA maupun dari Disnakertrans sendiri belum ada kita terima TKA ..."

Disnakertrans Nyatakan Belum Ada TKA Ilegal di Sarolangun
Tribun Jambi/Wahyu Herliyanto
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sarolangun, Arsyad. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Wahyu Herliyanto

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Sampai saat ini, Disnakertrans Kabupaten Sarolangun belum menerima kabar adanya TKA ilegal.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sarolangun, Arsyad, mengatakan dengan begitu, pihaknya bersama tim Pora (pengawasan orang asing) terus meningkatkan pengawasan dan memantau keberadaan para tenaga kerja asing.

“Dari informasi yang kita dapat baik dari tim PORA maupun dari Disnakertrans sendiri belum ada kita terima TKA yang bakal masuk lagi ke Sarolangun tahun 2018, namun ke depan kita akan terus memantau,” ujarnya.

Dia mengatakan bila ada TKA yang masuk ke Sarolangun, perusahaan yang memberi jasa pekerjaan wajib melaporkan ke Disnakertrans, mengingat masyarakat sudah sangat kritis, sehingga jika ada orang asing dan mencurigakan untuk segera melapor ke Disnakertrans atau instansi terkait.

“Kalau TKA masuk ke wilayah kita perusahaan yang menjadi objek pekerjaan itu wajib melaporkan ke kita, karena banyak menyangkut hal lain, seperti keamanan, dan juga menjelaskan mereka (TKA) kualifikasi bekerjanya sebagai tenaga apa,” tegasnya.

Dia menegaskan jika ditemukan perusahaan yang tidak melaporkan adanya TKA yang bekerja maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas.

“Jika terbukti TKA itu ilegal atau salah menggunakan visa sesuai dengan prosedurnya maka akan langsung dideportasi dan kalau perlu kita tangkap,” katanya

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved