Zulkifli Somad: Saya Tahu Sakitnya di Rumah Tahanan

Kalau saya belum, masih wait and see, saya tahu ada aturan itu tapi kan masih dibahas di DPR RI," ujarnya.

Zulkifli Somad: Saya Tahu Sakitnya di Rumah Tahanan
tribunjambi/aldino
Zulkifli Somad

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Langkah Komisi Pemilihan Umum ( KPU) yang akan tetap menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) larangan eks narapidana kasus korupsi mencalonkan diri sebagai anggota legislatif mendapat tentangan. Bukan hanya dari parpol, tak terkecuali mereka mantan napi korupsi.

Seperti yang diutarakan Zulkifli Somad. Pria yang biasa disapa Zul Somad itu adalah mantan Ketua DPRD Kota Jambi yang kini berperahu Partai Berkarya.

"Tak semua mantan napi koruptor itu akan korupsi lagi, saya tahu bagaimana sakitnya di rumah tahanan. Jadi tak mungkin saya mengulangi lagi perbuatan itu," katanya menjawab Tribun Jambi, kemarin (27/5).
Dia mengatakan aturan pelarangan mantan narapidana korupsi mencalonkan diri sebagai anggota legislatif tidak sesuai dengan undang-undang. "Jadi kalau aturan harus sesuai dengan undang-undang lah ya," sebutnya.

Baca: Mantan Napi Menanti Keputusan KPU

Zulkifli Somad sendiri kini merupakan Wakil Ketua Partai Berkarya Provinsi Jambi. Ia tersandung kasus pengadaan mobil pemadan kebakaran di Pemkot Jambi pada tahun 2004. Hakim memvonisnya penjara satu tahun tiga bulan penjara. Sementara di PKPU tersebut rencananya untuk mantan napi korupsi yang dihukum lima tahun.

Ditanya mengenai keputusan dirinya untuk maju sebagai caleg Pemilu 2019, mantan calon Wali Kota Jambi itu belum memastikan. “ Kalau saya belum, masih wait and see, saya tahu ada aturan itu tapi kan masih dibahas di DPR RI," ujarnya.

Ia menegaskan tidak setuju jika hal itu diatur, karena banyak lembaga yang masih tidak setuju seperti perwakilan DPR-RI.
Untuk diketahui, sejumlah nama mantan napi korupsi tercatat aktif di sejumlah partai politik di Jambi. Bahkan ada yang menjadi petinggi partai. Namun sejauh ini belum ada kepastian apakah mereka akan maju sebagai caleg atau tidak.

Editor: deddy
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved