Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa, Dokter Menyarankan Untuk Sahur Menggunakan Menu Makanan Ini

Lalu bagaimana sih caranya agar perut kita tidak keroncongan saat berpuasa? Dosen kedokteran Universitas Jambi sarankan ini

Tribun Jambi/Afrisandy Pratama Yogi
Harian Pagi Tribun Jambi mengadakan buka puasa bersama dengan agen dan pengecer koran, Kamis (29/5). Acara berlangsung khidmat dan gembira. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Memasuki bulan ramadan seluruh umat muslim diwajibkan berpuasa. Di Indonesia waktu berpuasa lebih dari 12 jam.

Selama itu pula perut kita kosong. Perut kosong akan menimbulkan bunyi atau yang sering kita sebut keroncongan. 

Selama puasa pun kita masih melakukan aktivitas seperti biasa kan? Bekerja, kuliah, bertemu orang-orang. Akan sangat malu jika orang mendengar perut keroncongan ini. Perut keroncongan ini tidak bisa dikendalikan seperti menahan amarah.

Lalu bagaimana sih caranya agar perut kita tidak keroncongan saat berpuasa? Dosen kedokteran Universitas Jambi, dr. Raihanah Suzan, M. Gizi, Sp. GK, memiliki penjelasan terhadap permasalahan ini. Ia menyarankan saat sahur untuk mengkonsumsi karbohidrat yang kompleks.

“Tujuannya agar makanan lambat untuk dicerna sehingga mengeluarkan gula itu perlahan dan perut tidak terlalu keroncongan,” jelasnya.

 Ia menjelaskan saat sahur diusahakan yang kita makan adalah sumber karbohidrat kompleks seperti nasi dan gandum.

Kemudian kurangi makanan yang karbohidratnya simpleks seperti yang terlalu manis karena itu lebih cepat dicerna dan menyebabkan kita mudah lapar.

“Juga hindari makanan berminyak karena itu akan menyebabkan mudah lemas karena membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk dicerna,” ungkapnya.

Sebenarnya selama bulan ramadhan ini yang berubah adalah jadwal makan. Jika biasanya ada sarapan pagi untuk memulai aktivitas, saat puasa disunahkan untuk sahur, dan sebaiknya memang kita sahur. Dimakan sahur itulah kita memenuhi kebutuhan gizi 40-50 dari kebutuhan satu hari waktu makan sahur

Penulis: Nurlailis
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved