Balai Arkeologi Ajak Pelajar Kenali Prasejarah Kerinci, Ayo Segera Kunjungi!

"Pameran ini merupakan hasil penelitian kita, kemudian kita publish dengan cara melakukan pameran melalui rumah peradaban ini,” tuturnya.

Balai Arkeologi Ajak Pelajar Kenali Prasejarah Kerinci, Ayo Segera Kunjungi!
Tribun Jambi/Herupitra
Sejumlah pelajar di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, mendatangi pameran arkeologi. Acara itu diselenggarakan Balai Arkeologi Sumatera Selatan (Sumsel) di Gedung Nasional Sungai Penuh, Kamis (24/5). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Sejumlah pelajar di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, mendatangi pameran arkeologi. Acara itu diselenggarakan Balai Arkeologi Sumatera Selatan (Sumsel) di Gedung Nasional Sungai Penuh, Kamis (24/5).

Pameran yang mengusung tema "Etalase Kehidupan Lintas Masa" itu telah berlangsung sejak Selasa (22/5).

Pameran bertujuan menyosialisasikan hasil kajian dan temuan dari Balai Arkeologi Sumsel, khususnya dari Kerinci. Selain itu, untuk mengetahui kehidupan masa prasejarah yang menjadi hulu dari kehidupan masa kini.

Koordinator Pameran Arkeologi, Wahyu, mengatakan pameran ini memberikan wawasan kepada masyarakat umum terutama anak sekolah agar mereka paham tentang masa prasejarah.

"Pameran ini merupakan hasil penelitian kita, kemudian kita publish dengan cara melakukan pameran melalui rumah peradaban ini,” tuturnya.

Barang-barang yang dipamerkan berupa hasil penelitian yang ada di wilayah kerja Balai Arkeologi Sumsel seperti pameran prasejarah, sejumlah benda temuan seperti batu pahatan, aksara incung dan lainnya.

Baca: Lupa Lakukan Ritual, Kecolongan, Jenita Janet Tumbang di Panggung

Baca: Terdeteksi, 2 Kecamatan di Batanghari Rawan Teroris Jaringan JAD

Baca: Anas Urbaningrum Merasa Yakin Pengajuan PK akan Dikabulkan Hakim Agung, Ini Alasannya

Baca: Wajah Kesedihan Ibu Zumi Zola Saat Berjalan, Ini Deret Keluarga Zumi Zola Yang Diperiksa KPK

Baca: Si Cantik Ini Wisuda, Fotonya Sih Biasa, Tapi Captionnya Tuai Kontroversi

Selain pameran replika, ada juga berupa data-data sejarah seperti masuknya India, Budha, hingga peradaban Islam dan data temuan benda bersejarah.

Pantauan tribunjambi.com, sejumlah pelajar yang datang diberi pengetahuan tentang sejarah Kerinci. Sambil bermain membuat sejumlah gambar berupa benda peninggalan sejarah.

Para pejabat terlihat antusias mengikuti. Memang hak tersebut tidak mereka dapatkan disekolah.

"Pameran ini cukup baik. Saya bisa tahu bagaimana sejarah Kerinci," ujar Aluna, siswa kelas empat SD di Kota Sungai Penuh.

Penulis: heru
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved