Pernak pernik Ramadan

Ketentuan Zakat Fitrah Kota Jambi Tunggu Ketetapan Provinsi

Ketetapan zakat fitrah 1439 Hijriah untuk Kota Jambi belum ditentukan. Penetapannya masih menuggu keputusan Kantor Wilayah

Ketentuan Zakat Fitrah Kota Jambi Tunggu Ketetapan Provinsi
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Ketetapan zakat fitrah 1439 Hijriah untuk Kota Jambi belum ditentukan. Penetapannya masih menuggu keputusan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi.

Kota Jambi sudah mengajukan nominal ketetapan Zakat Fitrah ke Kemenag Provinsi Jambi. Acuan nominal yang disampaikan yakni untuk kategori I Rp 51.300, kategori II Rp 45.600, dan kategori III Rp 36.100.

Hal ini diungkapkaan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jambi Syamsir Nain. Ia mengatakan, acuan ketetapan zakat fitrah tingkat Kota Jambi sudah ditetapkan sebulan lalu. Keputusan acuan itu berdasarkan hasil rapat antara Baznas, Bagian Kesra Pemerintah Kota Jambi, Kemenag Kota Jambi dan MUI Kota Jambi.

Baca: BNNK Tetapkan Seorang ASN di Dinas Pol-PP Batanghari sebagai Pengedar Narkoba

“Dasar acuan yang kita buat yakni harga beras tertinggi Rp 13 ribu di kali 3,8 kg beras,” kata Syamsir Nain, di ruang kerjanya, Rabu (23/5).

Dari acuan yang dibuat pada tahun ini sebut Syamsir, memang ada perbedaan dari tahun sebelumnya, sedikit lebih meningkat. 2017 lalu nilai zakat fitrah untuk Kota Jambi, tertinggi Rp 50 ribu, menengah Rp 42 ribu dan terendah Rp 35 ribu.

“Yang kita buat 2018 ini baru acuan. Ini kita teruskan ke Kemenag Provinsi Jambi. Nanti diputuskan Kemenag Provinsi," sebutnya.

Syamsir Nain menyebutkan, acuan tersebut sudah dimasukkan pihaknya ke Kemenag Provinsi Jambi. Namun hingga saat ini ketetapannya belum diturunkan.

“Seharusnya sudah ada ketetapan sebelum pertengahan Ramadan. Ini sudah dinanti masyarakat. Mudah-mudahan dua tiga hari mendatang sudah turun ketetapannya,” pungkasnya.

Baca: Pelaku Penyerangan Kantor Polsek Muara Sebo Ngamuk-Ngamuk di Tahanan

Baca: BREAKING NEWS: Longsor di Jalur Bangko-Kerinci, Ratusan Mobil Terjebak di Bedeng 12

Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved