VIDEO: Kebenaran Sabda Rasulallah SAW Terbukti Soal Dubai, Lihat Dubai Dulu dan Sekarang!

Dubai pada awalnya merupakan tempat perdagangan ikan, mutiara dan hasil laut lainnya. Puluhan tahun kemudian

VIDEO: Kebenaran Sabda Rasulallah SAW Terbukti Soal Dubai, Lihat Dubai Dulu dan Sekarang!
ist
Bangunan Terunik di Dunia, Dynamic Tower 

TRIBUNJAMBI.COM --- Dubai pada awalnya merupakan tempat perdagangan ikan, mutiara dan hasil laut lainnya. Puluhan tahun kemudian, Dubai berkembang menjadi pelabuhan alami karena teluk dan creek memudahkan kapal laut membongkar muat barang ke daratan.

Pada awal abad ke-20, Dubai menjelma menjadi pelabuhan laut yang ramai dikunjungi oleh pedagang-pedagang dari India, Iran, Arab Saudi dan negara disekitar teluk lainnya dengan jenis komoditi yang mulai beragam.

Souk (bahasa Arab yang artinya pasar) mulai menjamur di sepanjang creek terutama di daerah Deira. Deira adalah wilayah perdagangan sebelah barat creek sedangkan sebelah timur dinamakan Bur Dubai.

Baca: Ingin Tampil Keren dengan Celana Sobek-sobek, Kulit Malah Terbakar dan Gosong, Zonk!

Pada tahun 1950 creek mulai dangkal karena tertimbun lumpur akibat banyaknya kapal laut yang berlabuh. Emir Dubai saat itu yaitu Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum memutuskan untuk memperdalam creek untuk memudahkan lalu lintas kapal laut.

Saat itu pekerjaan tersebut adalah sangat berat dan memerlukan biaya yang besar. Namun hasil jerih payah itu terlihat dari perkembangan Dubai sebagai pelabuhan dagang yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Sewaktu ditemukannya ladang minyak di Dubai pada tahun 1966, pemerintah Dubai memanfaatkan pendapatan dari penjualan minyak untuk pembangunan infrastruktur.

Baca: Kepulangan TKI dari Malaysia Mulai Menggeliat, Jelang Puasa Ini Sudah Hampir Seribuan

Pembangunan besar-besaran segera dimulai pada awal tahun 1967 yaitu bangunan sekolah, rumah sakit, jalan raya, jaringan telekomunikasi modern dan bandar udara internasional yang dapat menampung semua jenis pesawat.

Cerita tentang Dubai ini seolah mengungkap satu bukti dari sekian banyak kebenaran sabda Nabi Saw. Rasul pernah bersabda menggambarkan situasi kehidupan akhir zaman:

“Dan bila engkau menyaksikan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, tidak berpakaian, fakir, dan penggembala kambing, (kemudian) berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi.” (HR. Muslim). Sabda beliau ini nyata! Lebih nyata dari pendapat siapapun tentang kenyataan.

Baca: Empat Karyawan Perusahaan di Tebo Diduga Keracunan

Halaman
1234
Tags
Dubai
Islam
Editor: ekoprasetyo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved