Pergerakan Rupiah

GAWAT! Negosiasi AS dan China Berhasil, Rupiah Makin Dekati Level Rp 14.200

Kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) terancam menembus level Rp 14.200 di awal perdagangan Senin (21/5). Mengutip

Editor: Fifi Suryani
KONTAN
ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) terancam menembus level Rp 14.200 di awal perdagangan Senin (21/5). Mengutip Bloomberg pukul 10.30 WIB, rupiah melemah 0,30% ke level Rp 14.198 per dollar AS.

Analis Monex Investindo Futures, Putu Agus Pransuamitra mengatakan, di awal perdagangan hari ini dollar AS tidak hanya menguat terhadap rupiah saja, melainkan juga terhadap hampir seluruh mata uang global.

Baca: Siapakah Nama Cawapres Jokowi pada Pilpres Mendatang? Ini Jawaban Puan Maharani

Menurut Putu, penguatan dollar AS saat ini tak lepas dari tercapainya kesepakatan negosiasi perdagangan antara AS dan China akhir pekan kemarin. Sebagaimana yang diketahui, China akhirnya sepakat untuk impor produk dan jasa dari AS guna mengurangi defisit perdagangan di antara kedua negara tersebut.

Hasil ini menguntungkan posisi dollar AS mengingat sepanjang pekan lalu banyak pihak yang memprediksi negosiasi tersebut akan menemui kegagalan. “Keberhasilan negosiasi ini menjadi momentum baru bagi penguatan dollar AS,” ujar Putu.

Dari dalam negeri, Putu melihat belum ada data-data ekonomi terbaru yang dapat menjadi katalis positif bagi pergerakan rupiah sepanjang hari ini.

Ia memperkirakan, rupiah akan terus mengalami tren pelemahan dan tidak tertutup kemungkinan menembus level Rp 14.200 saat penutupan nanti, kecuali ada intervensi dari Bank Indonesia. Ia pun memproyeksikan, rupiah akan berada di kisaran Rp 14.150—Rp 14.215 per dollar AS ketika penutupan perdagangan hari ini.

Baca: Elektabilitas Prabowo Meningkat Setelah Terima Mandat Gerindra. Ini Survei Terbaru Charta Politika

Baca: Siapapun yang Menyebut Serangan Teror Rekayasa, Polri: Kami Tunggu Buktinya

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved