Kian Marak, Kesbangpol Ajak Generasi Muda Tebo Bersama Cegah Radikalisme

Paham radikalisme yang kian marak perlu diantisipasi secepat mungkin dengan sinergi antar lembaga terutama generasi muda.

Penulis: Heri Prihartono | Editor: Nani Rachmaini

Laporan Wartawan Tribun Jambi Heri Prihartono

TRIBUNJAMBI.COM, TEBO - Paham radikalisme yang kian marak perlu diantisipasi secepat mungkin dengan sinergi antar lembaga terutama generasi muda.

Pasalnya generasi muda memiliki nilai idealisme yang masih rentan untuk terjebak dalam paradigma yang salah sehingga perlu dilakukan pemahaman dan transfer ilmu pengetahuan yang benar.

Kepala Kesbangpol Tebo Eriyanto menjelaskan pemicu radikalisme sebenarnya cukup banyak karena masih adanya pengangguran dan kemiskinan.

Mereka biasanya terjebak dengan iming-iming tertentu sehingga rela melakukan tindak radikalisme.

Selain itu, banyak hal yang menjadi pemicu lahirnya sikap radikalisme pada diri seseorang, sama halnya dengan doktrin agama yang salah, termasuk kondisi politik yang tidak stabil, serta kurangnya ilmu pengetahuan seseorang sehingga seseorang mudah didoktrin.

“Saya berharap kegiatan pertemuan semacam ini bisa menangkal berkembangnya paham radikalisme di Kabupaten Tebo, khususnya pada pemuda, mahasiswa dan pelajar, " kata Eryanto dalam Seminar dan Dialog Hari Kebangkitan Nasional yang digelar PMII Putri Cabang Tebo, beberapa waktu lalu.

Seminar dengan tema “Mengantisipasi Berkembangnya Radikalisme di Lingkungan Pemuda dan Pelajar Kabupaten Tebo,” ini menghadirkan 3 orang narasumber atau permateri yakni, Husni Mubarok, akademik STAI Tebo dan Masri Tokoh Pemuda Muhammadiyah Tebo serta Fadlin Hafizi Pemuda NU Tebo.

Kata Eryanto kegiatan ini sangat penting bagi Negara Republik Indonesia. Dan dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Tebo melalui Kesbangpolinmas mengajak PMII agar dapat bekerjasama dengan Kesbangpolinmas Tebo dalam hal Bela Negara terutama cegah radikalisme. (*)

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved