Video - Penyerahan Diri Tahanan di Mako Brimob yang Bikin Kerusuhan dan Tewaskan 5 Polisi

Tindakan pengamanan narapidana teroris yang melakukan perlawan telah usai setelah para tahanan menyerahkan diri tanpa syarat.

TRIBUNJAMBI.COM - Tindakan pengamanan narapidana teroris yang melakukan perlawan telah usai setelah para tahanan menyerahkan diri tanpa syarat.

Hal tersebut disampaikan oleh Menko Polhukam Wiranto, Kamis (10/5/2018) pagi.

Dikutip dari Tribunnews, pada pukul 08.45 WIB, pihak kepolisian mulai menyingkirkan kawat berduri dari depan gerbang masuk Mako Brimob.

Baca: Haru dan Menyedihkan, Bayi ini Lahir di Saat Sang Ayah Harus Gugur Dalam Kerusuhan di Mako Brimob

Namun, pihak kepolisian masih mensterikan ruas jalan di depan Mako Brimob hingga 600 meter.

Berikut rincian kronologi penyerahan diri para tahanan yang dirilis oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan.

1. Pelaku kerusuhan adalah terorisme dalam tahanan seharusnya sadar akan berbuatannya, justru melakukan kekejaman dengan merampas senjata, menyandera, menyiksa bahkan membunuh petugas dengan cara-cara yang keji melampaui batas kemanusian.

2. Sesuai dengan sikap pemerintah Indonesia yang telah berkali disampaikan oleh Presiden Jokowi, bahwa dalam menghadapai terorisme selalu bersikap tegas tidak pandang bulu, maka melalui rapat koordinasi dari seluruh pemangku kepentingan, telah direncanakan serbuan untuk melucuti dan melumpuhkan para teroris yang telah diisolasi pada lokasi tertentu.

Baca: Kapolri Tito Karnavian Langsung Sambangi Mako Brimob Sepulang dari Yordania

3. Sesuai dengan standar Prosedur Operasioanl yang dilaku secara universal, aparat keamanan telah memberikan Ultimatum kepada mereka "menyerah atau menghadapi resiko serbuan" dengan batasan waktu tertentu.

4. Pada kamis tanggal 10 Mei 2018 sebelum fajar mereka menyatakan menyerahkan tanpa syarat, satu persatu keluar dari posisi mereka menyerahkan diri kepada petugas dengan tanpa senjata sebanyak 145 orang.

Simak video di atas! (Tribun-Video)

Editor: suci
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved