Fadli Zon Tanggapi Putusan PTUN Tolak Gugatan HTI

Keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara menolak seluruh gugatan hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)

Fadli Zon Tanggapi Putusan PTUN Tolak Gugatan HTI
Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi
Suasana sidang HTI di Ruang Kartika, PTUN, Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis (4/1/2018). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Setelah keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara menolak seluruh gugatan hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) atas pembubaran organisasi kemasyarakatan (ormas) tersebut oleh pemerintah, Fadli Zon turut menyampaikan pendapatnya.

Saat ditemui di Gedung Nusantara III DPR RI, politisi Partai Gerindra sangat menyayangkan keputusan tersebut.

"Hak berkumpul, berserikat, berorganisasi itu dijamin oleh konstitusi, sangat disayangkan apa yang dialami oleh HTI. Apalagi mereka berkali-kali menyampaikan bahwa mereka dalam posisi mendukung pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," ujar Fadli Zon.

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa Partai Gerindra tidak mendukung Perppu ormas menjadi namun Partai Gerindra tidak bisa menggugat karena tidak punya legal standing.

"Partai Gerindra tidak bisa menggugat Perppu Ormas karena tidak memiliki legal standing, yang memiliki legal standing adalah pihak yang dirugikan langsung atau yang berpotensi dirugikan," ucap Fadli Zon.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Partai Gerindra akan terus mendukung dalam arti kebebasan berorganisasi itu dijamin oleh konstitusi.

"Tidak boleh ada organisasi yang diberangus oleh negara hanya karena perbedaan-perbedaan pendapat dan sikap," tegas Fadli Zon.

Tags
Fadli Zon
Editor: nani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved