Breaking News:

Enam Puskesmas di Merangin Disiapkan Jadi BLUD

Enam Puskesmas di Kabupaten Merangin bakal mengelola keuangannya sendiri. Pasalnya Puskesmas tersebut akan diubah

Penulis: Herupitra | Editor: Fifi Suryani
TRIBUNJAMBI/ROHMAYANA
Ilustrasi: Warga mengantre di puskesmas 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO – Enam Puskesmas di Kabupaten Merangin bakal mengelola keuangannya sendiri. Pasalnya Puskesmas tersebut akan diubah statusnya menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Merangin, Solahudin. Ia mengatakan, ada enam Puskesmas akan diubah statusnya menjadi BLUD.

Saat ini ujarnya, pihaknya tenggah melakukan proses atau mempersiapkannya. Rencananya 2019 nanti enam Puskesmas di Merangin sudah BLUD

Baca: ASN dan Warga Sekitar Perkantoran Serbu Pasar Tani yang Digelar Pemkab Tanjabtim

"Kita akan lakukan secara bertahap, tahun ini ada enam Puskesmas kita siapkan. Rencananya 2019 nanti sudah jadi BLUD," ungkapnya.

Solahuddin menjelaskan, dengan perubahan status ini, puskesmas yang sebelumnya di bawah pengawasan dan pengelolaan Dinas Kesehatan, sekarang manajemennya bisa ditangani sendiri. 

"Dengan menjadi BLUD, puskesmas bisa mengambil kebijakan penuh dalam manajemen atau sistem keuangannya sendiri,” jelasnya. 

Enam Puskesmas yang dipersiapkan menjadi BLUD yakni Puskesmas Kandis, Puskesmas Bangko, Puskesmas Rantau Panjang, Puskesmas Pamenang, Puskesmas Meranti dan Puskesmas Muara Delang. 

Dia menuturkan, penentuan enam puskemas tersebut menjadi BLUD, karena sistem administrasi dan manajemennya bagus. Selain itu upaya kesehatan masyarakatnya dan juga pendapatannya juga bagus.

“Puskesmas tersebut sudah terakreditasi dasar dan utama. Intinya sumber daya manusia dan pendapatannya bagus,” sebutnya. 

“Pada prosesnya nanti ada surat keputusan Bupati, dan puskesmas terkait juga buat pernyataan bersedia diaudit,” pungkasnya.

Baca: Kadisdik Bungo: Saat Disumpah Bersedia Ditempatkan Dimana Saja, Tapi Banyak Menolak 

Baca: Pilkada Kerinci - Wajib Bawa KTP Saat Debat Kandidat. Ini Aturan yang tak Boleh Dilanggar

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved