Bungo Masih Kekurangan Guru, di Limbur Ada Sekolah Hanya 1 Guru Merangkap Kepala Sekolah

Kabupaten Bungo masih juga kekurangan guru. Persoalan ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo, Masril.

Penulis: Jaka Hendra Baittri | Editor: Fifi Suryani
TRIBUN JAMBI/SAMSUL BAHRI
Ilustrasi. 

TRIBUNJAMBI.COM, BUNGO - Kabupaten Bungo masih juga kekurangan guru. Persoalan ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo, Masril.

“Dari seluruh Kabupaten Bungo kami sudah menginventarisir ada kekurangan guru untuk SMP per mata pelajaran sebanyak 391 orang. Kalau untuk SD kita kekurangan 677 orang. Itu sudah kita sampaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) pada saat rapat di Jakarta beberapa waktu lalu,” katanya.

Baca: Dari 127 Kepala Sekolah yang Dilantik, Hanya 27 yang Layak. Ini Penjelasan Kadinas Diknas

Terkait pegawai honor Masril belum mengetahui sebab menurutnya itu kewenangan pemerintah pusat. “Tapi kita mengusulkan kalau bisa pegawai honor yang bisa memenuhi persyaratan yang honor ini bisa dirangkul. Kalau bisa dipenuhi oleh pusat,” katanya.

Kekurangan guru ini menurutnya nampak di beberapa wilayah yang pelosok.  “Kito di Limbur kekurangan malah ado satu sekolah hanya satu guru dan langsung kepala sekolah di Pemunian,” katanya.

Dia mengatakn banyak yang tidak mau. “Kita cari orang yang mau di situ, kita perintahkan ke situ nanti kalau tidak mau tidak maksimal pula, dan kita memang tuntut untuk masalah tugas harus ikhlas,” katanya.

Dia mengatakan kalau memang ada putra daerah yang mau ditempatkan di sana dan betu-betul mau akan diberikan penghargaan. “Kita kasih reward, balik ke dusun. Itu sebenarnya hambatannya apalagi kepala sekolah,” katanya.

Baca: Buntut Pelantikan 124 Kepala Sekolah di Bungo, Untuk Tanda Tangan Ijazah Murid Tak Lagi Berani

Baca: Sebanyak 7000-an Murid SD di Muarojambi akan Ikuti UNKP

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved