Biaya Ganti Rugi Penemuan Benda Cagar Budaya di Dinas Pariwisata Tanjabtim Dihapus

Pada tahun 2018 ini, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah raga harus kehilangan anggaran ganti rugi untuk penemuan cagar budaya.

Biaya Ganti Rugi Penemuan Benda Cagar Budaya di Dinas Pariwisata Tanjabtim Dihapus
TRIBUN JAMBI/ZULKIFLI

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Pada tahun 2018 ini, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah raga harus kehilangan anggaran ganti rugi untuk penemuan cagar budaya. Dengan begitu Dinas Pariwisata tidak bisa lagi membayar ganti rugi kepada masyarakat yang menemukan barang-barang cagar budaya untuk diserahkan kepada pemerintah.

Tidak adanya biaya ganti rugi tentunya akan menyulitkan pemerintah untuk mengambil benda-benda sejarah yang ditemukan masyarakat. Jika tidak ada ganti rugi dari pemerintah, kebanyakan masyarakat penemu benda cagar budaya enggan melapor ke Pemerintah.

Baca: Kasus Pencabulan Guru pada Murid di Muarojambi - Pelaku Sering Ajak Korban Pergi

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Parbudpora, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Amiruddin kepada Tribujambi.com . Dia mengatakan, padahal sebelumnya Dinas Pariwisata mengajukan anggaran ganti rugi cagar budaya namun oleh pihak DPRD anggaran itu dicabut.

"Karena tidak ada biaya ganti rugi, masyarakat lebih memilih barang-barang temuanya ke pemburu cagar budaya," kata Amiruddin, tidak lama ini.

Dijelaskan Amir, hanya sebagian masyarakat yang sadar akan budaya menyerahkan secara sukarela kepada pemerintah apabila menemukan benda cagar budaya.

Memang Jika dibandingkan besaran ganti rugi pemerintah dengan harga yang ditawarkan oleh para pemburu dan pengoleksi benda cagar budaya tidak sebanding.

"Tetapi kita juga menilai benda itu sendiri. Jika memang benda itu memiliki sejarah maka nilainya besar juga kok. Yang jelas penemu akan mendapatkan ganti rugi dari pemerintah," pungkas Amiruddin.

Baca: Kasus Pencabulan di Muarojambi - Korban Tidak Berani Keluar Rumah, Karena Trauma 

Baca: Berkunjung ke Sepupu Minta Informasi Pekerjaan, Motor Warga Sumay Ini Raib

Penulis: Zulkifli
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved