Man Insan Cendekia Jambi Gelar Dialog Pendidikan, Prof Rusdi Beri Arahan

Ke depan siswa MAN Insan Cendekia tidak lagi membawa buku ke dalam kelas tetapi mampu membawa alat yang canggih...

Man Insan Cendekia Jambi Gelar Dialog Pendidikan, Prof Rusdi Beri Arahan
Tribun Jambi/Samsul Bahri
Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) Insan Cendekia Jambi menggelar Dialog Pendidikan dan Perbankan Syariah. Acara di Ruang Aula MAN Insan Cendekia Jambi, Sabtu (28/4). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) Insan Cendekia Jambi menggelar Dialog Pendidikan dan Perbankan Syariah. Acara di Ruang Aula MAN Insan Cendekia Jambi, Sabtu (28/4).

Acara dihadiri guru di Provinsi Jambi, pakar pendidikan Prof Dr Muhammad Rusdi, SPd, MSc, yang juga dosen di Universitas Jambi, Kepala MAN Insan Cendekia Jambi, Hendisakti Hoktovianus dan guru beberapa sekolah di Provinsi Jambi.

Prof Rusdi mengatakan dengan perkembangan teknologi saat ini, tugas dari pada seorang guru bukan lagi hanya sebagai pemberi materi namun lebih kepada mengajarkan kepada anak-anak untuk mendapatkan keterampilan mengajar

"Dengan perkembangan teknologi saat ini, guru tidak lagi memberikan materi. Tetapi guru mengajarkan bagaimana cara belajar yang baik, mengajarkan cara mencari informasi, memilih, merangkum dan menyampaikannya," jelas Rusdi

Dia mengatakan kemajuan teknologi saat Ia ingin memberikan orientasi kepada guru tentang pendidikan generasi yang akan datang. Bahwa pembelajaran teknologi ke depannya anak-anak juga akan dibekali penguasaan terhadap teknologi.

"Meskipun demikian rasa kebersamaan nilai saat nilai-nilai kearifan lokal itu tetap dipertahankan. Karena itulah menjadi jati diri tapi kita tetap menggunakan teknologi dalam pembelajaran membuat jejaring kita berorientasi kepada global," jelasnya

Hal ini juga menjadi perhatian pihak MAN Insan Cendekia Jambi. Hendri Sakti Hoktovianus juga mengatakan bahwa pihaknya telah membuat desain paradigma sistem pembelajaran. Tidak hanya iti pihaknya juga dalam pembelajaran akan berbasis teknologi.

"Berdasarkan apa yang dipaparkan oleh profesor, guru bukan saja sebagai pemberi materi tapi bagaimana siswa bisa untuk memperoleh materi tersebut. Jadi kedepannya MAN Insan Cendekia akan menggunakan basic system menggunakan teknologi. Jadi ke depan orang tua tidak perlu lagi datang ke sekolah untuk mengambil rapor tapi mereka sudah bisa melihat melalui website kita," ujarnya.

Ke depan siswa MAN Insan Cendekia tidak lagi membawa buku ke dalam kelas tetapi mampu membawa alat yang canggih. Ia juga mengatakan bahwa saat ini siswanya sudah menggunakan teknologi seperti laptop.

"Guru pun sekarang tidak saja menandakan pertemuan secara classical tetapi sudah melalui teknologi. Sekarang kita sudah ada wifi dan kita tempatkan di semua area di Man Insan Cendekia Jambi. Tidak hanya itu saat ini pembelajaran kita tidak lagi berada dalam kelas kita sudah berada di luar kelas jadi sistem klasikal sudah kita beralih ke teknologi," katanya.

Baca: Ini Penjelasan Dinas Tentang Kondisi di Merangin, Ternyata Pasokan Dikurangi Sementara

Baca: Jadi Adik Ipar, Andika Rosadi Sudah Berani Bongkar Power Rumah Tangga Nagita Slavina

Penulis: samsul
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved