Limbah Pelaku Usaha Juga Sebabkan Banjir, DLH Pantau Usaha yang Belum Miliki IPAL

Seiringnya terjadi banjir di beberapa titik di wilayah Kota Jambi, ternyata salah satu penyebabnya adalah masih banyak masyarakat

Limbah Pelaku Usaha Juga Sebabkan Banjir, DLH Pantau Usaha yang Belum Miliki IPAL
TRIBUN JAMBI/ROHMAYANA
Drainase macet karena jadi pembuangan limbah dari tempat usaha. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBi - Seiringnya terjadi banjir di beberapa titik di wilayah Kota Jambi, ternyata salah satu penyebabnya adalah masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke dalam drainase, sehingga menyebabkan banjir.

Penyebab lainnya, yaitu masih banyak pelaku usaha yang belum memiliki tempat pembuangannya sendiri. Sehingga pelaku usaha masih membuang limbahnya ke dalam drainase.

Hal ini disampaikan Farti Suandri, Kepala Dinas PU Kota Jambi bahwa saat ini masih banyak pelaku usaha yang membuang limbahnya langsung ke drainase. Seharusnya pelaku usaha sudah memiliki instalasi pengolahan air limbah (Ipal).

Baca: HUT ke 68 - Satpol PP Kota Jambi Sudah Segel 9 Tempat Usaha

"Misalnya d idaerah Telanai, selain karena hujan deras, kami dinas PU juga sampai harus membongkar drainase karena air didalam drainase tidak mengalir sempurna akibat tumpukan beberapa sampah," katanya.

Menurutnya jika hanya satu usaha yang tidak memiliki Ipal hal ini tidak menjadi masalah. Namun jika sudah ada ratusan jenis usaha dan tidak memiliki Ipal sendiri maka hal ini berdampak pada berbagai pembangunan yang ada di Kota Jambi.

Menanggapi hal terebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi saat ini mulai Intens memonitor usaha-usaha di Kota Jambi yang tidak memiliki Ipal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Ardi mengatakan bahwa saat ini ada sebanyak 400 lebih usaha yang ada di Kota Jambi yang menghasilkan limbah. Untuk itu dirinya akan terus memonitor jika ada usaha yang belum memiliki Ipal.

"Tapi pada umumnya yang paling banyak adalah usaha kecil, makanya kita terus melakukan sosialisasi," katanya.

Halaman
123
Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved