Editorial

Palu Godam Hakim Untuk Terdakwa OTT KPK

Hal yang memberatkan adalah terdakwa Saipudin melakukan suap beberapa hari setelah penandatanganan pakta integritas serta pengarahan dari KPK.

Palu Godam Hakim Untuk Terdakwa OTT KPK
Istimewa
25042018_erwan malik_vonis 

KASUS suap RAPBD Provinsi Jambi 2018 akhirnya mencapai klimaksnya. Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (tipikor) Jambi memvonis tiga terdakwa lebih tinggi dari tuntutan jaksa penuntun umum KPK.

Ketiganya, mantan Plt Sekda Erwan Malik, mantan Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi Jambi Saipudin serta mantan Plt Kepala Dinas PUPR Arfan awalnya dituntut 2 tahun 6 bulan penjara.

Kemarin (25/4) dalam persidangan hakim memutuskan Erwan divonis 4 tahun penjara. Adapun Saipudin dan Arfan 3 tahun 6 bulan penjara.

Amar putusan dibacakan oleh Badrun Zaini yang merupakan Ketua Majelis Hakim yang menyidangkan perkara tersebut.

Baca: KPK Sita Dokumen serta Catatan Keuangan dan Proyek Kasus Zumi Zola

Putusan yang mengejutkan mengingat tuntutan jaksa sebelumnya yakni hanya dua tahun enam bulan serta denda Rp 100 juta subsidair enam bulan penjara. Vonis ini lebih tinggi dari tuntutan jaksa, sesuatu yang jarang terjadi.

Saipudin merupakan satu diantara tokoh 'utama' yang pertama ditangkap tangan KPK pada upaya penyuapan terhadap anggota DPRD Provinsi Jambi. Ia ditangkap dalam OTT KPK bersama dengan Supriyono, Ketua Fraksi PAN di tempat parkir sebuah rumah makan di kawasan Kebun Jeruk, Kota Jambi.

Baru setelah keduanya dicokok, penyidik juga melakukan penangkapan terhadap Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi Arfan, dan juga Plt Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik.

Dalam putusan yang dibacakan majelis hakim, hal yang memberatkan adalah terdakwa Saipudin melakukan suap beberapa hari setelah penandatanganan pakta integritas serta pengarahan dari KPK.

Memang sebelum ditangkap, Wakil Ketua KPK sebelumnya berkunjung ke Jambi dan memperingatkan seluruh penyelenggara negara di Jambi untuk tidak melakukan praktik korupsi, termasuk diantaranya suap dan juga gratifikasi.

Halaman
12
Editor: deddy
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved