Pembangunan Pamsimas Gunakan Dua Anggaran

Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Batanghari akan membangun 15 unit Penyediaan Air Minum

Pembangunan Pamsimas Gunakan Dua Anggaran
TRIBUNJAMBI/LEONARDUS YOGA WIJANARKO
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Batanghari akan membangun 15 unit Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), dengan menggunakan anggaran APBD dan APBN.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Batanghari, Zulkifli saat dikonfirmasi di ruangannya, Minggu (22/4).   Ia mengatakan, pembangunan Pamsimas tersebut akan menggunakan anggaran dari APBD sebesar Rp 513 juta dan juga dari APBN sebesar Rp 2,94 miliar.

Baca: Melawan Saat Ditangkap, Pengedar Narkoba di Bungo Sengaja Tabrakkan Motornya

" Ya dengan menggunakan anggaran tadi, pada tahun ini kita akan lakukan pembangunan 15 unit penyaluran air bersih (Pamsimas)," ujarnya.

Nantinya, melalui dana APBN tadi akan dibangun 12 unit Pamsimas dan melalui dana APBD akan dibangun tiga unit Pamsimas. Dalam pembangunan Pamsimas tersebut, akan dilakukan tersebar di 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Batanghari kecuali satu kecamatan.

"Diantaranya di Kecamatan Muarabulian, Maro Sebo Ulu, Maro Sebo Ilir, Mersam, Muara Tembesi dan Kecamatan Bajubang," Jelasnya.

Pembangunan Pamsimas tersebut akan menggunakan sistem sewa kelola oleh masyarakat di desa yang mendapatkan bantuan tersebut. Nantinya akan dibentuk kelompok kerja masyarakat, dan dalam proses pembangunanya akan di dampingi oleh fasilitator, yakni konsultan dari Pemerintah Pusat.

Baca: VIDEO: Penampilan Teater Payung Hitam dari Bandung Meriahkan Pagelaran Palamjambe

Baca: Kasus Suap CPNS Kabupaten Sarolangun Masuk Analisa Akhir Penyidik Kejati

“Dikerjakan secara swakelola karena bantuan untuk pembangunan Pamsimas tersebut tidak sepenuhnya berasal dari dana APBD dan APBN, namun dananya juga di floting dari Dana Desa (DD) dan iuran dari masyarakat setempat,” kata Zulkifli.

Halaman
12
Penulis: Abdullah Usman
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved