Parenting

Bocah Laki-laki Anda Gemar Main Boneka? Jangan Khawatir! Ikuti Tips Pengawasan Berikut

Jangan biarkan anak laki-laki bermain boneka, dia bisa jadi berprilaku seperti perempuan setelah besar. Mitos itu seperti sangat melekat

Bocah Laki-laki Anda Gemar Main Boneka? Jangan Khawatir! Ikuti Tips Pengawasan Berikut
Tribunnews

TRIBUNJAMBI.COM - Jangan biarkan anak laki-laki bermain boneka, dia bisa jadi berprilaku seperti perempuan setelah besar. Mitos itu seperti sangat melekat dalam keseharian masyarakat khususnya Indonesia.

Banyak orangtua yang langsung saja merebut boneka itu dari tangannya. Di satu sisi, kekhawatiran Anda tentunya dapat dipahami, Anda mungkin khawatir anak akan dihakimi orang lain, takut anak akan dijauhi teman-teman sebayanya, dan kecemasan lainnya.

Baca: Sarden Bercacing Asal China juga Beredar di Malaysia, Ini Tindakan Kedua Negara pada Pengimpor

Sebenarnya Anda tak perlu panik, tenang saja. Bermain boneka adalah prilaku yang normal dan sangat sehat untuk anak laki-laki. Kegiatan ini justru dapat menjadi permainan imajinatif yang memicu daya kreativitas anak.

Psikoterapis asal Amerika Serikat Jonathan Alpert kepada Huffington Post menjelaskan, tidak ada hubungan antara perilaku bermain boneka dan homoseksualitas.

"Bermain boneka dan mengagumi kecantikan mereka menunjukkan sisi lembut seorang anak. Ini merupakan hal yang harus dimengerti oleh orang tua, bukannya ditakuti. Kemungkinan, anak meniru perilaku pengasuhan orang tua dan menunjukkan tanggung jawab serupa dengan merawat boneka tersebut," kata Alpert.

Hal senada disampaikan oleh Dr. Alan Greene, seorang dokter spesialis anak di Amerika Serikat. Ia mengatakan bahwa antara usia 18 dan 30 bulan, seorang anak sudah tahu identitas gendernya, bahwa mereka adalah anak laki-laki atau perempuan. Mereka juga paham anak laki-laki akan menjadi pria dan anak perempuan akan menjadi wanita. Pada tahap ini, umumnya anak memiliki keinginan yang kuat untuk meniru tingkah ayah maupun ibunya.

Baca: Kasus Perambahan Hutan di Kawasan TNKS - Penyidik Mintai Keterangan Ahli

Baca: Peringatan HKP, Bupati Tonjolkan Tanaman Langka di Batanghari

"Hampir semua balita yang sehat tertarik untuk mencoba aktivitas lawan jenis, bahkan menyukainya," ujar Greene, dikutip dari Parents.

Halaman
123
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved