Aktivitas PETI

Saat Pencarian Warga Hilang, Masyarakat Batang Merangin Temukan Aktivitas Diduga PETI

Penemuan baru penambangan emas tanpa izin (PETI) di kawasan Renah Paku Luweh Penetai Desa Muara Imat Kecamatan Batang Merangin

Saat Pencarian Warga Hilang, Masyarakat Batang Merangin Temukan Aktivitas Diduga PETI
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Penemuan baru penambangan emas tanpa izin (PETI) di kawasan Renah Paku Luweh Penetai Desa Muara Imat Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi sempat menghebohkan warga Kabupaten Kerinci.

Menurut keterangan warga setempat yang mengatakan melihat adanya penambahan emas tanpa izin saat pencarian orang hilang. Adanya aktivitas yang jauh dari ladang warga. Selain itu warga mengatakan masyarakat mulai curiga karena sering melihat sepeda motor lalu lalang mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Dusun Serpih Muara Emat menuju ke arah lokasi penambangan emas.

Baca: Pemkot Rencanakan Buat Sistem Parkir E Money

“Di lokasi ditemukan alat berat jenis excavator yang sedang beroperasi mengeruk tanah untuk mendapatkan emas,” kata sumber yang minta namanya tak dipublis, Minggu (22/4).

Bahkan warga meminta pihak Dinas Kehutanan maupun TNKS turut mengecek, karena Segabuan masuk wilayah tersebut. Karena sejauh ini ada kesan pembiaran sehingga menimbulkan  keresahan di tengah masyarakat akan dampak negatif yang timbul nantinya.

"Kita berharap kepada aparat penegak hukum untuk melakukan tindakan terkait kasus tersebut serta meminta dinas terkait untuk menutup tambang yang diduga Ilegal ini," ungkapnya

Bahkan informasi yang diperoleh Tribun, kasus ini telah dilaporkan Lembaga Swadaya Masyarakat ke Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta Kapolda Jambi melalui Intelkam.

Menurut warga lagi, dalam operasi PETI tersebut diduga ada indikasi keterlibatan warga tetangga kabupaten Kerinci yang berada di Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin.

Baca: Warga Semalaman Tak Tidur - Hingga Sore Ini 87 Rumah, 1 Puskesmas, dan 1 Mesjid Terendam

Baca: Bakti Sosial ke Permukiman SAD - Tiap Rumah Digalikan Satu Lubang

Sedangkan Kapolres Kerinci AKBP Dwi Mulyanto mengatakan akan menindaklanjuti adanya informasi tersebut. Bahkan sebelumnya Polres sudah pernah menindak oknum PETI di kawasan Muara Emat, Batang Merangin. Selain itu aparat kepolisian sudah mengamankan satu unit excavator yang sedang melakukan kegiatan PETI dan emas hasil tambang liar dengan lokasi yang sudah di-police line. Sedangkan barang bukti yang diamankan diantaranya emas seberat dua gram dalam botol berisi air dibungkus plastik putih.

"Tentu akan terus kita tindak terkait PETI," ujarnya.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved