e KTP

Pilkades Gunakan Sistem E-Voting, Rekam Cetak E-KTP Terus Dikebut

Memasuki triwulan kedua tahun 2018 rekam cetak e-KTP di Kabupaten Batanghari mencapai 80,4 persen, rekam cetak terus

Pilkades Gunakan Sistem E-Voting, Rekam Cetak E-KTP Terus Dikebut
TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Memasuki triwulan kedua tahun 2018 rekam cetak e-KTP di Kabupaten Batanghari mencapai 80,4 persen, rekam cetak terus dikejar mengingat pemilihan kepala desa menggunakan e-votting akan segera dilakukan. Jumat (20/4)

Dikatakan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Batanghari, Ade Febriandi saat dikonfirmasi Tribun Jambi mengatakan, memasuki triwulan kedua tahun 2018 ini Dukcapil Batanghari terus melakukan rekam cetak e-KTP hingga ke pelosok desa.

Baca: Pascateror di Renah Pemetik Kerinci, Tim TNKS Temukan Jejak Kaki Harimau Dewasa di Kebun Warga

"Alhamdulillah hingga saat ini rekam cetak e-KTP kita sudah mencapai angka 80,4 persen lebih dari 215.000 wajib KTP, dan terus dilakukan percepatan dengan harapan dapat tuntas diakhir tahun ini," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya pula, rekam cetak e-KTP harus dikebut selain merupakan KTP tersebut sangat dibutuhkan bagi masyarakat umum dalam melakukan pendataan, dan urusan administrasi mereka, juga e-KTP tersebut sangat diperlukan dalam rangka pemilihan kepala desa dengan cara evoting mendatang yang berbasis nomor induk kependudukan dan nomor KK. 

"Ia, yang mana nantinya dalam pemilihan kepala desa sangat bergantung dengan data kependudukan berbasis e-KTP, terutama bagi kepala desa yang melalui jalur evoting dan pemilihan badan permusyawaratan desa BPD ," Jelasnya.

Lebih lanjut dijekaskannya pula, untuk melancarkan kegiatan Pilkades dan Pileg mendatang tersebut, pihaknya juga melakukan perekaman hingga ke desa desa termasuk desa terpencil. Tentunya dengan berkoordinasi bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Batanghari. 

Baca: 59 Sekolah SMP/Mts di Muaro Jambi Akan Gunakan Kertas dan Pensil dalam Ujian Nasional

Baca: Pilkada Kerinci - Kampanye Zainal-Arsaldi, Masyarakat Harapkan Perkantoran Baru Segera Diaktifkan

"Alhamdulillah, sejak 2017 terhitung dari triwulan ketiga, untuk rekam cetak e-KTP sudah bisa lakukan di kecamatan. Hal tersebut sangat membantu kinerja Dukcapil dalam target cetak KTP," ujarnya.

Lebih lanjut pihaknya juga sudah melakukan kerja sama bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari, dengan cara menyosiakiakan kepada seluruh PPS dan PPK serta teknis permutahiran data terkait hak-hak dan kewajiban masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan mendatang.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved