Campus Zone

Bambang Irawan: Terobsesi Melihat Insinyur ITB yang Berkunjung ke Pedalaman Jambi Tahun 70-an

Berawal saat usianya masih dini di tahun 70-an, Bambang Irawan yang tinggal di pedalaman Jambi, melihat Ir Tatang yang merupakan

Bambang Irawan: Terobsesi Melihat Insinyur ITB yang Berkunjung ke Pedalaman Jambi Tahun 70-an
TRIBUN JAMBI/DARWIN SIJABAT
Dekan Fakultas Kehutanan Unja, Dr Forst Bambang Irawan SP MSC 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Darwin Sijabat

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berawal saat usianya masih dini di tahun 70-an, Bambang Irawan yang tinggal di pedalaman Jambi, melihat Ir Tatang yang merupakan Dosen IPB datang ke kampungnya dan mengadakan program. 

Saat itu IPB mempunyai program mengembangkan air gambut menjadi air minum. ketika di kampung, Pak Tatang sering berkunjung ke rumahnnya. Bambang pun beranggapan seorang Insinyiur merupakan orang yang hebat, gagah dan luar biasa.  Anggapan inilah yang mengantarkannya untuk mengikuti jalur sekarang.

Baca: Lembaga Pemeringkat Moodys Investor Service Kerek Rating 5 Perusahaan BUMN, Ini Rinciannya

Sekarang, Dr Forst Bambang Irawan SP MSC merupakan orang transmigrasi yang mengabdikan diri di Jambi. Pria kelahiran Pati, 11 Juni 1969 itu sekarang menjadi Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Jambi.

Kedatangannya ke Jambi ketika orang tua merantau ke Rantau Rasau Tanjab Timur sejak umur dua tahun. di sana ia tinggal hingga SMA kelas X.  Tidak tinggal menetap, kemudian pindah tahun1987 ke Rimbo Bujang. Disitu pulah lah ia menyelesaikan studinya sebagai anak sekolah sebelum duduk di bangku perkuliahan tahun 1988.

Mengambil keputusan kuliah di Fakultas Pertanian Jurusan Agronomi dengan peminatan Tanaman Keras berawal saat penyuluh berlatarbelakang Insinyiur berkunjung ke kampungnya. Berpikir pada saat itu bahwa Insinyiur merupakan gelar yang gagah, maka ia ingin memilikinya.

Ketulusannya mengikuti perkuliahan hingga mengantarnya lulus tahun 1993. Namun tak berhenti di situ saja, dengan mengikuti test pada tahun itu untuk menjadi dosen. Keberuntungan berpihak kepadanya, dengan ditetapkannya pada Maret 1994 menjadi dosen di Universitas Jambi.

Baca: Soal Ucapan Amien Rais Tentang Partai Setan, Ketum PAN Zulkifli Hasan Bantah Mewakili Partai

Baca: GALERI FOTO: Yuk! Kenali KSR PMI Unja Lebih Dekat

Bagaimana proses Bambang melanjutkan pendidikan magisternya di luar negeri? Simak perjalanan akademisi Bambang Irawan, hanya di Koran Tribun Jambi cetak edisi Senin (16/4) besok.

Penulis: Darwin
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved