LKPJ Wako 2017

LKPJ Wako 2017 - Dewan Sorot Masalah Pendidikan, Kesehatan Hingga Dampak Pembangunan

Anggota DPRD Kota Jambi menyorot masalah pendidikan, kesehatan dan Pendapatan Asli Daerah Kota Jambi pada paripurna

LKPJ Wako 2017 - Dewan Sorot Masalah Pendidikan, Kesehatan Hingga Dampak Pembangunan
TRIBUN JAMBI/ROHMAYANA

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Anggota DPRD Kota Jambi menyorot masalah pendidikan, kesehatan dan Pendapatan Asli Daerah Kota Jambi pada paripurna penyampaian pandangan umum fraksi terhadap LKPJ Wali Kota Jambi tahun anggaran 2017 di gedung DPRD Kota Jambi, Senin (2/4).

Sebagian besar fraksi menyorot beberapa bidang seperti kesehatan dan pendidikan. Seperti Fraksi PDIP yang menyoroti masalah pendidikan. Menurut Yeni Sinaga, yang membacakan tanggapan dari Fraksi PDIP, meskipun anggaran untuk Pendidikan sudah 30 persen, namun, dewan meminta tenaga guru dan pendidik agar lebih ditingkatkan kualitasnya. Yakni melalui pelatihan maupun sertifikasi.

Baca: Stafnya Banyak Tak Ikuti Rapat Paripurna, Ini Komentar Pjs Wali Kota Jambi

Selain itu, PDIP juga menyoroti Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang dinilai gagal dalam perencanaannya. “Kita melihat beberapa titik LPJU yang kami nilai gagal dalam perencanaannya. Kami juga meminta agar Pemkot segera merapikan aset-aset yang masih belum terverifikasi dengan baik,” ujar Yeni.

Sementara itu menurut Fraksi PKB yang dibacakan oleh Pardoman Siregar menyoroti minimnya anggaran untuk kesehatan. Juga pendidikan yang belum merata dan kritikan terharap DPMPTSP dan Distarum dalam memberi izin pembangunan perumahan.

“Saat ini masih banyak pembangunan perumahan yang menyalahi aturan. Dan kita meminta DPMPTSP dan Distarum agar lebih memperhatikan hal ini saat mengeluarkan izin,” katanya.

Sedangkan Fraksi PAN melalui Markonah sebagai juru bicaranyanya meminta Pemkot Jambi memperhatikan dampak dari pembangunan. Terutama pembangunan drainase yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Pemkot.

Dampak tersebut seperti macet dan masih terjadinya banjir dibeberapa wilayah. Fraksi PAN juga memfokuskan masih banyaknya parkir liar yang harus ditertibkan oleh Pemkot Jambi. Sebab, ada banyak kawasan yang menjadi parkir liar dan mengakibatkan kemacetan dan kesemrawutan jalan.

“Kita juga minta agar Pemkot melalui dinas terkait agar menertibkan parkir liar. Sebab saat ini begitu banyak parkir liar di beberapa kawasan di Kota Jambi,” katanya.

Sementara itu menurut M Fauzi, PJs Walikota Jambi bahwa pihak Pemkot menerima masukan dan saran yang diungkapkan oleh pihak DPRD Kota Jambi. Menurutnya, semua saran dan kritikan akan dijadikan sebagai bahan evaluasi kedepannya.

“Iya seperti masalah pendidikan, kesehatan dan lainnya. Kedepan ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kita,” katanya.

Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved