Kesehatan

Waspada! Gagal Ginjal Bisa Terjadi di Usia Muda, Ini 5 Penyebabnya

Gagal ginjal, ternyata tidak hanya menyerang orang-orang berusia tua. Anak muda juga bisa terkena. Akun klikdokter.com mengunggah topik

Waspada! Gagal Ginjal Bisa Terjadi di Usia Muda, Ini 5 Penyebabnya
Francia Raisa, artis yang mendonorkan ginjalnya buat Selena Gomez. | instagram.com/franciaraisa 

TRIBUNJAMBI.COM - Gagal ginjal, ternyata tidak hanya menyerang orang-orang berusia tua. Anak muda juga bisa terkena. Akun klikdokter.com mengunggah topik ini di facebook, Minggu (1/4) pukul 17.00 WIB.

Disebutkan, salah satu fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Gagal ginjal terjadi saat jaringan ginjal rusak sehingga kehilangan kemampuannya untuk menyaring racun dari dalam darah Anda.

Ada beberapa gejala yang bisa terjadi pada gagal ginjal, yaitu berkurangnya jumlah urine, mudah lelah, mual yang persisten, sesak napas, bengkak pada tungkai, dan sebagainya.

Baca: Pemuda dari Kasta Terendah Dibunuh Karena Miliki Kuda

Dokter pengasuh rubrik akun klikdokter.com, dr. Andika Widyatama mengatakan, kebanyakan orang mengira bahwa gagal ginjal hanya bisa dialami orang tua. Padahal, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gagal ginjal pada usia muda, seperti:

1. Polycystic Kidney Disease (PKD)

PKD adalah gangguan genetik yang ditandai dengan pembentukan kista di dalam ginjal. Hal ini menyebabkan ginjal membesar dan kehilangan fungsinya secara berkala.

"Kista tersebut adalah tumor jinak yang berisi cairan. Ukurannya beragam dan dapat berkembang menjadi sangat besar. Kista di ginjal ini juga dapat sewaktu-waktu berkembang ke organ hati," jelas dr. Andika.

2. Goodpasture Syndrome

Goodpasture syndrome merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan perdarahan difus pada organ paru-paru. Ketika hal tersebut berkembang menjadi peradangan di saluran glomerulus ginjal, maka istilahnya goodpasture disease.

Halaman
123
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved