7 Warga Digigit Anjing Dibawa ke Puskesmas Kecamatan Mendahara, Ini Penyebab Keganasannya

Dirinya juga mengimbau agar para warga berhati-hati dan diharapkan jangan mengganggu anjing serta lebih bagus dikurung

7 Warga Digigit Anjing Dibawa ke Puskesmas Kecamatan Mendahara, Ini Penyebab Keganasannya
antara
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Kepala Puskesmas Kecamatan Mendahara Arlandi Kasman, membenarkan adanya pasien yang dibawa ke puskesmas sebanyak tujuh orang karena digigit anjing.

"Saat digigit beruntung dengan cepat datang ke Puskesmas dan disuntik langsung agar penyebaran rabiesnya tidak terjadi pada pasien," kata Arlandi, pada kamis (29/3).

Sementara itu, menurut Arlandi penyebab ganasnya anjing menggigit warga disebabkan banyaknya anjing berkeliaran dan juga adanya gangguan dari masyarakat sehingga anjing mengejar.

"Terkadang para anjing ini diganggu dan juga ada warga membawa makanan saat jalan. sehingga anjing terkadang mengejar," tambahnya.

Dirinya juga mengimbau agar para warga berhati-hati dan diharapkan jangan mengganggu anjing serta lebih bagus dikurung di kandangnya saat menjelang malam hari atau saat balik dari kebun.

"Anjing ini terkadang dibawa pemiliknya ke kebun dan berburu babi. dan diharapkan saat balik dimasukan ke kandangnya dan jangan dilepaskan," cetuanya.

Lebih lanjut dikatakan Arlandi Kasman A. bagi warga yang tergigit anjing segera ke rumah sakit terdekat atau ke pukesmas. karena bisa membahayakan bagi korbannya.

"Jika dibiarlan gigitan anjing. bisa membahayakan. seperti kelakuan anjing juga dan nantinya akan seperti vampire mengigit manusia juga serta nantinya akan meninggal," kata Arlandi.

Arlandi mengatakan, untuk angka korban gigitan anjing pada tahun 2017. hanya saja di 2018 bulan 3 mulai ada digigit anjing, seperti tanggal 7 bulan 3 ada 2 orang tepatnya di sungai tawai. tanggal 13 ada 1 orang tanggal 23 ada 2 orang dan tanggal 28 ada 2 orang.

"Kalau pasien hanya rawat jalan dan Tadi dinas kesehatan dan peternakan sudah kelokasi melihat para pasien. serta memfaksin anjing guna mematikan virus rabies pada anjing," tandasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved