Breaking News:

Keren, Siswa SMPN 6 di Bogor Ubah Urine Manusia Jadi Pupuk Organik

Irvine mengatakan proses pembuatannya terbilang mudah dan urine yang telah dikemas itu tidak menimbulkan bau karena telah diolah terlebih dahulu.

Editor: Edmundus Duanto AS
pupuk dari urin buatan siswi SMPN 6 Kota Bogor (TribunnewsBogor.com/Aris Prasetyo Febri) 

TRIBUNJAMBI.COM, BOGOR TENGAH - "Pourin adalah singkatan dari pupuk organik urine, ini dicetuskan pertama kali oleh Ibu Rini sebagai pembina KIR SMP Negeri 6 Kota Bogor," ujar Irvine Iraudi Putri, siswi kelas 8 yang juga anggota KIR SMPN 6 Kota Bogor, Rabu (28/3/2018).

Air seni manusia atau urine diubah menjadi pupuk organik oleh sejumlah siswa-siswi yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMP Negeri 6 Kota Bogor.

Urine yang telah diolah itu dikemas dalam wadah botol plastik dan dimasukkan dalam kantong jaring dengan label 'Pourin SMP Negeri 6 Kota Bogor'.

Irvine mengatakan proses pembuatannya terbilang mudah dan urine yang telah dikemas itu tidak menimbulkan bau karena telah diolah terlebih dahulu.

"Urine yang ditampung dalam wadah khusus kemudian dicampur sedikit air, cairan Efektive Microorganism 4 (EM4), dan sari kulit jeruk supaya tidak bau," ungkap Irvine.

Baca: Nggak Usah Ngomel di Sosmed, Ini 6 Kategori Keterlambatan dan Kompensasi saat Pesawat Delay

Baca: 11 Tanda Anda Telah Bertemu Orang yang Tepat Untuk Anda, Lihat Apakah dengan Pasangan Seperti Ini

Dari penuturan Irvine, bahan-bahan pupuk cair olahannya itu kemudian didiamkan selama dua minggu sebelum dikemas.

"Setelah rapi pupuk dijual seharga Rp 5 ribu per botol, tapi kami belum pasarkan ke luar sekolah, baru ditawarkan ke setiap tamu yang datang ke sekolah saja," kata Irvine.

Pupuk organik yang dikembangkan itu menurut Irvine memiliki manfaat bagi kesuburan tanaman, terutama tanaman yang memiliki buah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved