Kesehatan

Habis Makan Siang, Ngantuk. Pertanda Diabeteskah?

Apakah Anda mengalami masalah yang sama? Setelah makan siang badan malah terasa lemas mengantuk, padahal harus kembali bekerja.

Habis Makan Siang, Ngantuk. Pertanda Diabeteskah?

TRIBUNJAMBI.COM - Apakah Anda mengalami masalah yang sama? Setelah makan siang badan malah terasa lemas mengantuk, padahal harus kembali bekerja. Apa penyebabnya?

Seorang netizen, Wien Zahroh Widiyanti Derly dalam komentarnya di unggahan klikdokter.dom di Facebook, Senin (26/3) pukul 12.00, mengaku mengalaminya.

"Iy nih kebiasaan aq kalo d kerjaan... Lwt jam 1 siang mulain deh Oleng jd gelisah merem melek ampe paniang kepala nahan kantuk...." tulisnya.

Baca: Temuan Sardines Bercacing di Jambi, Kadinkes: Ini Akibatnya Jika Dikonsumsi

Tidak hanya Wien tentunya, banyak dari kita yang pernah mengalami ini-rasa kantuk dan badan lemas yang menyergap setelah makan. Setelah jam makan siang berakhir dan harus kembali ke layar komputer untuk kembali bekerja, rasanya justru sulit untuk membuka mata.

Pengasuh rubrik klikdokter.com, Ruri Nulida mengatakan, umumnya, badan lemas dan rasa kantuk yang dirasakan setelah makan adalah hal yang normal. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kondisi pascamakan ini. Ternyata, ada 8 penyebabnya:

1. Mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan

Menurut ahli nutrisi Lisa Guy yang dilansir di laman Body and Soul, ketika Anda merasa lemas setelah makan, hal ini dapat dikaitkan dengan makanan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan. Jenis-jenis makanan ini bisa menyebabkan naiknya kadar gula darah, yang lalu menurun dan mengakibatkan turunnya energi.

Sekresi insulin yang berlebihan, yang merupakan cara tubuh untuk menyeimbangkan kadar gula darah, menyebabkan triptofan berpindah ke otak, yang lalu terjadi proses metabolisme menjadi serotonin dan melatonin. Neurotransmiter ini memiliki efek menenangkan dan membantu mengatur tidur. Untuk membantu menyeimbangkan gula darah dan level insulin, pilih makanan alami yang tinggi serat dan protein seperti gandum, kacang polong, dan kacang-kacangan.

Baca: Mahasiswi Unja Sharly Keluarkan Uang Hingga 10 Juta Untuk Lihat Kebenaran Bakso Babi

Halaman
1234
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved