Jumlah Penderita TBC di Jambi Terus Meningkat, Hubungi Nomor Ini Jika Ada Penderita

Jumlah penderita Tuberkulosis (TBC) di kota Jambi setiap tahunnya terus mengalami peningkatan . Hal ini terjadi karena pengaruh

Jumlah Penderita TBC di Jambi Terus Meningkat, Hubungi Nomor Ini Jika Ada Penderita
TRIBUN JAMBI/ROHMAYANA
Tampak Sekda kota Jambi saat meninjau penderita TBC di Puskesmas Pakuan Baru saat perayaan hari TBC Sabtu (24/3) 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Jumlah penderita Tuberkulosis (TBC) di kota Jambi setiap tahunnya terus mengalami peningkatan . Hal ini terjadi karena pengaruh lingkungan yang kurang bersih dan gaya hidup masyarakat.

Disampaikan  Ida Yuliarti, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi bahwa berdasarkan data dari tahun 2015 hingga 2017, jumlah penderita TBC di kota Jambi selalu mengalami peningkatan. Pada 2015 ditemukan sebanyak 552 kasus TBC, 2016 meningkat menjadi 902 kasus dan tahun 2017 meningkat menjadi 1070 kasus TBC.

Baca: GALERI FOTO: Dishub Evaluasi Rekayasa Lalulintas saat Car Free Night

“Untuk kasus TBC ini memang selalu mengalami peningkatan bahkan peningkatannya pun cukup signifikan dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Menanggapi hal ini Dinas Kesehatan Kota Jambi terus melakukan upaya pengurangan jumlah penyakit menular TBC. Ini juga merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI.

“Di 2030, target kita Indonesia bebas dari TBC dan itu merupakan harapan kita semua termasuk program dari Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Ida mengatakan bahwa Dinas Kesehatan Kota Jambi memiliki program percepatan pengendalian penyakit menular termasuk TBC. Caranya dengan mendatangi langsung masyarakat dan menanyakan berbagai permasalahan kesehatan.

“Program kita adalah pengendalian penyakit menular melalui peringatan Hari TBC sedunia kami mengadakan percepatan pengendalian penyakit. Dari hasil turun lapangan tersebut akan diketahui ada tidaknya penderita TBC di rumah tersebut. Kalau ada akan kita tangani dengan serius hingga penyakit tersebut sembuh,” katanya.

Baca: WAH! Jambi Bakal Punya Sirkuit Permanen. Di Sini Lokasinya

Halaman
12
Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved