FOTO: Semua Fraksi Dukung Masnah Busyro

Semua fraksi mendukung terhadap enam rancangan yang diajukan oleh Bupati Muarojambi, Masnah Busro

FOTO: Semua Fraksi Dukung Masnah Busyro
tribunjambi/samsul bahri
Rapat Kerja di Gedung DPRD Muarojambi, Selasa (20/3/2018). 

Laporan Wartawan Jambi Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh masing-masing Fraksi DPRD Kabupaten Muarojambi, semua fraksi mendukung terhadap enam rancangan yang diajukan oleh Bupati Muarojambi, Masnah Busyro dalam Rapat Kerja di Gedung DPRD Muarojambi, Selasa (20/3).

Dalam Rapat Kerja ini yang paling banyak dibahas dalam pandangan umum terhadap rancangan Perda yang diusulkan oleh Bupati Muarojambi yaitu terkait dengan Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok

Misalnya Partai Demokrat melalui Juru bicaranya memberikan apresiasi terhadap pemerintah Kabupaten Muaro Jambi yang telah mengambil langkah untuk mencanangkan dan menetapkan kawasan tanpa rokok sebagaimana diatur dalam Rancangan peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok.

Rapat Kerja di Gedung DPRD Muarojambi, Selasa (20/3/2018).
Rapat Kerja di Gedung DPRD Muarojambi, Selasa (20/3/2018). (tribunjambi/samsul bahri)

"Namun semua aturan atau regulasi dan sebuah aturan perundang-undangan yang berlaku di tengah-tengah masyarakat akan efektif laksanakan apabila aturan tersebut diteladankan dan dicontoh," jelasnya

Ia juga menyampaiakan harus ada sosialisasi yang intensif dengan cara dan santun dan terbuka agar tidak disalahpahami oleh masyarakat.

"Pemberlakuan kawasan tanpa rokok hendaknya dimulai dari kantor Instansi pemerintah daerah termasuk DPRD di dalamnya dan perlu adanya penertiban kepada pedagang rokok akar hanya agar melayani penjualan kepada konsumen di batas usia tertentu," sambungnya.

Selain itu, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menyampaikan bahwa banyak aspek-aspek yang harus dikaji saat menyusun dan membahas Perda sebelum ditetapkan baik aspek-aspek Sosial, Psikologi, geografis ekonomi dan adat istiadat.

"Kita juga harus memperhatikan organisasi atau lembaga pelaksana Perda tersebut serta pengawasan terhadap pelaksanaan Perda tersebut. Selain itu tanpa pengawasan yang benar maka akan melahirkan niat atau peluang untuk melakukan pelanggaran walaupun banyak dan kelembagaannya sudah baik," ujar juru bicara fraksi PAN

Selain itu Partai Hanura melalui juru bicaranya juga menyampaikan dukungannya terkait rancangan perda tentang kawasan tanpa asap rokok.

Akan tetapi ia menyampaikan bahwa dengan ruang terbuka yang sangat luas di Kabupaten Muarojambi perlu penyediaan fasilitas area untuk merokok.

"Kita tentu akan menyediakan di fasilitas pemerintah ruangan atau area untuk rokok ini. Kalau tidak melanggar HAM orang yang merokok dibatasi tanpa adanya ruang untuk merokok," pungkasnya. (*)

Penulis: samsul
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved