Kesehatan

Makanan, Bukan Satu-satunya Penyebab Perut Buncit. Kenali 7 Penyebab Lainnya

Sudah diet, sudah menjaga pola makan, namun perut tetap saja membuncit. dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, Pengasuh Rubrik

Makanan, Bukan Satu-satunya Penyebab Perut Buncit. Kenali 7 Penyebab Lainnya
Tribunnews
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Sudah diet, sudah menjaga pola makan, namun perut tetap saja membuncit. dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, Pengasuh Rubrik konsultasi di akun klikdokter.com membahas topik ini pada unggahannya, Senin (19/3) pukul 08.00 WIB.

Pada pengantar Alberta mengatakan, perut buncit merupakan kondisi tubuh yang sering ditemukan di tengah-tengah masyarakat. Kondisi ini berhubungan erat dengan penyakit pikun (Alzheimer), diabetes mellitus, hipertensi, kanker payudara, serta penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Baca: Pria Mengaku dari Masa Depan Bawa Makanan Pemberian Pemerintah, Ini Prediksinya Soal Donald Trump

Dari semua penyebab, makanan tinggi kalori, berlemak serta makanan/minuman manis masih menjadi penyebab perut buncit nomor satu. Namun, masih ada 7 penyebab perut buncit lainnya. Yuk kenali!

Pengaruh lingkungan

"Peneliti menyebutkan adanya hubungan antara perut buncit dengan alkohol dan merokok," ujar Alberta. Alkohol dapat menekan pembakaran lemak. Kalori tinggi dari alkohol disimpan sebagian menjadi lemak pada perut, yang sering disebut sebagai beer belly. Merokok menyebakan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan penumpukan lemak di perut.

Kurang berolahraga
Tidak berolahraga menyebabkan kalori yang masuk dari makanan/minuman disimpan menjadi lemak di dalam tubuh. Orang yang tidak berolahraga selama 1 tahun dapat meningkatkan lemak di perut sebanyak 25-38%.

Kurang tidur
Kurang tidur sangat berpengaruh pada kesehatan. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan lemak di perut. Studi menunjukkan bahwa sepertiga orang yang tidur di bawah 5 jam cenderung mengalami kenaikan berat badan sebanyak 15 kg.

Baca: FOTO: Tanpa Sehelai Benang, Wanita Ini Lakukan Ritual Jogging di Kawasan Bersalju. Alasannya. . .

Baca: 6 Aktivitas Malam Ini, Lebih Mudah dan Ampuh Turunkan Berat Badan. Apa Saja?

Halaman
12
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved