Breaking News:

Ke Depan Dana Desa Harus Dikerjakan Secara Swakelola

Dinas Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur menegaskan agar penggunaan

Dok/Manado Tribunnews
Dana desa 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Dinas Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur menegaskan agar penggunaan dana desa di tahun 2018 ini wajib dilakukan secara swakelola padat karya.

Kepala Dinas PMD, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Safaruddin, menyebutkan perintah pengerjaan fisik dana desa dikerjakan secara swakelola ini sesuai dengan kebijakan Kementrian Desa.

"Ini berdasarkan keputusan Kemendes, agar proyek-proyek dana desa dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa setempat," katanya Kepada TRIBUNJAMBI.COM, tidak lama ini.

Lebih lanjut, Ia juga menyebutkan, dana desa digelontorkan pemerintah untuk menggerakkan perekonomian masyarakat pedesaan.

Namun, hingga saat ini, kebanyakan pengerjaan proyek dana desa masih menggunakan kontraktor yang sebagian besar berasal dari luar desa.

Sehingga manfaat dana desa belum optimal bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Ke depan ini akan kita ubah, agar manfaat dana desa dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat," ujar Safaruddin.

Selain itu, menurut Safaruddin, penggunaan jasa kontraktor dalam menggarap dana desa memang tidak bisa disalahkan, mengingat ketentuan lembaga kebijakan pengadaa barang dan jasa pemerintah, proyek yang nilainya di atas Rp 200 Juta atau dengan pengerjaan yang komplek tidak boleh dilakukan secara swakelola.

"Melihat hal ini, pemerintah sepakat untuk merevisi ketentuan ini, dengan menerbitkan SK empat Menteri dalam hal ini Kementrian Keuangan, Kemendagri, Bappenas, serta Kemendes PDTT, soal anggaran dana desa," pungkas Safaruddin.

Selain swakelola, Safaruddin juga meminta agar pemerintah desa mengalokasikan 30 persen dana desa yang ada dibayar untuk upah kerja. (*)

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved