Dongkrak Harga Pinang, Disperindag Tanjabtim Gelar Pasar Lelang Agro

Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengaku pihak pemerintah telah melakukan upaya untuk mendongkrak harga pinang di pasaran.

Dongkrak Harga Pinang, Disperindag Tanjabtim Gelar Pasar Lelang Agro
Tribun Jambi/Zulkifli
Petani pinang di Tanjab Timur. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengaku pihak pemerintah telah melakukan upaya untuk mendongkrak harga pinang di pasaran. Satu diantaranya dengan menggelar pasar lelang agro dengan bekerja sama dengan Pihak Disperindag Provinsi Jambi.

"Pasar agro pertama kita gelar kemarin di Jambi, dan cukup banyak transaksi yang terjadi pada saat itu, namun angkanya diketahui Disperindag Provinsi," kata M Awaluddin, Kabid Perdagangan Disperindag Kabupaten Tanjabtim, Selasa (13/3).

Baca: VIDEO: Tendang dan Pukul Bayi Kembar 24 Bulan, Pengasuh Ini Malah Dibebaskan. WHAT!

Dilanjutkanya, pasar agro dilakukan untuk menfasilitasi pedagang pengumpul pinang dengan buyer, dengan harapan dapat memutus rantai distribusi terputus.

"Maksudnya, mungkin selama ini ada pedagang perantara, jadi pemerintah dapat mempertemukan langsung antara pedagang pengumpul dari petani langsung ke buyer, dengan begitu harga bisa menguntungkan petani," ujar Awaludin.

Selain itu Awaluddin mengatakan, bahwa harga pinang memang fluktuatif. Namun diakui Awaludin, pada akhir-akhir ini harga pinang jauh merosot diakibatkan adanya kejadian tipu-menipu di tingkat pengusaha ekspor pinang sehingga para pedagang pengumpul jadi resah.

"Kami berharap, para pedagang pengumpul ini bisa selektif memilih pengusaha, supaya mereka tidak tertipu," Ujar Awaluddin.

Baca: Dalam Lima Hari 112 Calon Investor Mendaftar. 212 Mart Bakal Menambah Gerai

Baca: GALERI FOTO: Muarojambi Jadi Tempat Pembuatan Film Jerman The Green Lie, Bakal Tayang

Penulis: Zulkifli
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved