Yusril Paparkan Ancaman Pidana Terkait Kasus Partainya

"Kita tunggu apakah KPU akan melaksanakan putusan atau tidak. Karena kan hari ini kabarnya ada rapat pleno..."

Yusril Paparkan Ancaman Pidana Terkait Kasus Partainya
Tribun Jambi
Ketua Umum Parta Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, di Jambi, Senin (5/3). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Dedy Nurdin

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Yusril Ihza Mahendra menyebut ada ancaman pidana bagi penyelenggara pemilu terkait kasus tidak lolosnya PBB di Pemilu 2019. Itu disampaikan saat mengonfirmasi pertanyaan awak media, saat tiba di Pengadilan Negeri Jambi, Senin (5/3/2018).

Itu setelah putusan Bawaslu memenangkan pihaknya atas putusan KPU.

"Kita tunggu apakah KPU akan melaksanakan putusan atau tidak. Karena kan hari ini kabarnya ada rapat pleno apakah melaksanakan putusan atau mau banding ke PTUN," katanya.

Namun, kata Yusril, itu ada risikonya, kalau sekiranya KPU mengajukan banding ke Pengadilan Tata Usaha Negara. Dan dalam pengadilan nanti, terungkap fakta-fakta yang dalam persidangan sebelumnya di Bawaslu adanya praktik kecurangan, maka jelas itu merupakan pidana.

"Orang Papua tidak bisa bohong, orang Papua itu lugu. Dalam sidang dia mengatakan saya disuruh bapak ini dan yang dimaksud mengatakan iya betul saya yang perintahkan. Mereka terus terang menyatakan mengubah dan karena itu PBB tidak lolos di satu kabupaten di sana (Manokwari Selatan) dan itu sebenarnya dipidana," kata Yusril.

Yusril mengatakan pernyataan itu dibenarkan KPU provinsi di Papua. Ia juga menemukan kejanggalan karena pada saat itu terjadi perubahan. "Hari ini dinyatakan lolos di KPU provinsi sana dan kemudian berubah lagi dan itu di benarkan oleh KPU pusat kemarin," kata Yusril.

Dia mengatakan jika ini kemudian menjadi fakta persidangan dan diputuskan dalam pengadilan TUN maka hanya tinggal satu langkah lagi pihaknya bisa mempidanakan KPU.

"Hari kami tunggu pelaksanaan putusannya, dari awal kita sudah putiskan perlawanan all out," kata Yusril.

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved