Breaking News:

Penting Biar Anak Tak Ikut Terkena, Orangtua Punya Alergi Lakukan Ini Hingga Umur Anak 1 Tahun

Ketika mulai memasuki masa makanan pendamping ASI (MP ASI) usia 6 bulan, makanan pertama harusnya

Penulis: Nurlailis | Editor: Nani Rachmaini
net
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Alergi merupakan reaksi yang berbeda atau menyimpang dari normal terhadap berbagai rangsangan atau zat dari luar tubuh.

Sistem kekebalan memiliki sensitivitas yang berlebihan terhadap protein asing yang bagi individu lain tidak berbahaya.

Alergi biasanya dimulai sejak anak-anak. Dr. Mustarim, Msi. Med, SpA(K) mengatakan alergi merupakan penyakit yang diturunkan. Ada orang yang mempunyai bakat alergi ada juga yang tidak.

“Cara terbaik adalah menghindari pencetusnya. Misalnya ada yang alergi telur, debu, bulu binatang, cuaca dingin. Itu bukan penyebab tapi pencetus. Memang sudah ada bakat dalam dirinya untuk kena alergi sehingga yang perlu dilakukan adalah menghindari pencetus,” ungkapnya kepada Tribun Sabtu (3/3).

Selanjutnya untuk menghindari alergi juga perlu memperbaiki kondisi daya tahan tubuhnya. Kalau daya tahan tubuhnya bagus ia akan lebih kuat terhadap pencetusnya.

Ada persentasi jika kedua orang tuanya alergi maka 80 persen anak akan terkena alergi pula. Kalau hanya satu yang terkena alergi maka persentasinya 20-40 persen untuk kena alergi.

Jika saudara kandung alergi maka persentasi 25-30 persen. Bahkan jika kedua orantuanya pun tidak ada alergi anak itu masih berpotensi untuk terkena alergi 5-15 persen.

“Paling besar persentasinya memang saat kedua orangtuanya yang terkena alergi,” ucapnya.

Bagi yang orangtuanya ada alergi maka perlu menghindari pula makan telur sebelum usia satu tahun dan makanan laut dihindari sebelum dua tahun.

Kemungkinan risiko alergi kecil jika anak diberikan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved