Ternyata Ini Rahasia Bandara Jambi Sepanjang Hari Tetap Bersih

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Untuk menjaga kebersihan dan kerapian di Terminal Bandara Sultan Thaha Jambi,

Ternyata Ini Rahasia Bandara Jambi Sepanjang Hari Tetap Bersih
TRIBUNJAMBI/HERI PRIHARTONO
Jumat (30/6) siang, sejumlah calon penumpang memadati pintu depan ruang keberangkatan bandara Sultan Thaha Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Untuk menjaga kebersihan dan kerapian di Terminal Bandara Sultan Thaha Jambi, setiap hari ada puluhan tenaga kerja kebersihan atau cleaning service (CS). Mereka selalu siap memberi pelayanan yang maksimal demi menjaga kebersihan bandara dan sekitarnya.

Mereka siap bekerja melayani dan membersihkan seluruh ruangan terminal, mulai kebersihan lantai, toilet dan juga siap memberi arahan bila ada pengguna yang melanggar. Seperti merokok di sembarang tempat.

Sebelum ada aktivitas di bandara biasanya mereka sudah terlebih dahulu hadir di sana. Seperti yang terlihat, Rabu (28/2) pagi kemarin, seorang petugas kebersihan hilir mudik memeriksa kebersihan terminal sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

"Kita harus segera membersihkan jika ada serpihan sampah yang ada, harus segera dibersihkan. Ini memang sudah kewajiban kami di sini," kata Maruli, seorang petugas CS di Bandara Sultan Thaha Jambi.

Kata maruli, bukan hanya membersihkan ruangan saja, tapi dia dan rekan juga mengingatkan kepada pengguna jasa untuk tertib di tempat umum. "Saat ada orang yang merokok di sembarang tempat, kami langsung menegur dan memberi tahu, kalau merokok itu di tempat yang sudah disediakan," ujarnya

Tidak itu saja, terhadap penumpang/pengunjung yang membuang sampah sembarangan atau buang sampah tidak pada tempatnya, dia dengan sigap akan memberi teguran secara santun dan lembut. Sekaligus mengarahkan mereka membuang di tempatnya.

Sederet lagi tugas-tugas mereka menyangkut leyanan kebersihan dan kenyamanan di bandara. Tugas di luar itupun terkadang ada juga. Bahkan misalnya ada ada yang menanyakan stop kontak dan terminal listrik untuk melakukan charger ulang baterai.

"Untuk Charger baterai, sementara tersedia di dekat toilet dan ruang tunggu keberangkatan maupun kedatangan, kalo bagian lainnya masih dibangun dan dalam proses," tutur petugas CS lainnya.

Dia menambahkan, mereka diminta oleh atasannya untuk berprilaku baik, sopan dan selalu tersenyum dalam melayani tamu/penumpang di bandara.

Saat ini, fasilitas terminal sudah cukup bagus, mudah dijangkau. Ruang tunggu sudah cukup nyaman, bersih dan lapang. Manakala ingin menunggu pesawat sambil minum kopi juga sudah tersedia. Pendek kata, terminal Bandara Sultan Thaha Jambi sudah serba ada, dan tampil beda. (wahyu)

Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved