Dermaga Rusak Ditabrak Tongkang di Sabak, Pemilik Kapal Harus Perbaiki

Perbaikan dua dermaga milik Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang rusak akibat ditabrak

Dermaga Rusak Ditabrak Tongkang di Sabak, Pemilik Kapal Harus Perbaiki
IST
Ilustrasi. Tongkang nyangkut di Jembatan Batanghari II, Jumat (1/12) 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Perbaikan dua dermaga milik Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang rusak akibat ditabrak kapal tongkang bermuatan batu bara beberapa waktu lalu, sepenuhnya diserahkan kepada pihak perusahaan pemilik kapal yang bersangkutan.

Dua dermaga yang mengalami rusak tersebut adalah dermaga milik Dinas Perhubungan di desa Teluk Majelis, serta Dermaga Pelabuhan Pendaratan Ikan milik Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, di Kecamatan Kuala Jambi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Yan Rizal, saat dikonfirmasi TRIBUNJAMBI.COM, pada rabu (28/2) mengatakan, pihaknya telah dua kali melakukan pertemuan denga pihak owner kapal. Pertemuan terakhir dilakukan pada senin 26 Februari lalu.

"Waktu Itu disepakati kemarin, bahwa pihak Owner kapal mengganti sepenuhnya dermaga yang rusak, baik itu dermaga milik Dinas Perhubungan maupun dermaga PPI milik Dinas Kelautan dan Perikanan, seperti sediakala dan sesuai spek," Kata Yan Rizal.

Namun, kata Yan Rizal, proses pembangunannya akan dilaksanakan setelah perhitungan secara teknis diajukan dan ditindaklanjuti pihak perusahaan.

"Kita menyerahkan sesuai dengan gambar dan berspek yang ada, silahkan mereka mengerjakan sendiri," ujarnya.

Menurut Yan Rizal, diprediksi besaran biaya yang bakal dikeluarkan untuk pembangunan dermaga milik dinas Perhubungan sendiri berdasarkan rencana anggaran biaya berkisar antara Rp 500 - 600 juta.

"Kalau waktu kita menginginkan secepatnya, tapi diperkirakan satu bulan ke depan sudah mulai dikerjakan," katanya.

Sementara Itu, Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Hariyanto, saat ditemui TRIBUNJAMBI.COM, tidak lama ini, meminta perusahaan untuk memperbaiki Dermaga yang rusak tersebut hingga seperti semula.

"Kita meminta dermaga itu balik seperti semula," tegas Romi.

Selain itu, Romi mengatakan, menargetkan pembangunanya dikerjakan secepat mungkin agar masyarakat dapat menggunakannya kembali. (*)

Penulis: Zulkifli
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved