Terjadi Belokan Angin, Sampai Tanggal 27 Februari Jambi Diperkirakan Hujan Lebat Disertai Petir

Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan yang signifikan khususnya di wilayah Provinsi Jambi

Terjadi Belokan Angin, Sampai Tanggal 27 Februari Jambi Diperkirakan Hujan Lebat Disertai Petir
Antara
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun, Wahyu Herliyanto

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -  Dari pantauan prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi kelas 1 Sultan Thaha jambi, Fitri Annisa menjelaskan adanya sirkulasi tertutup (Eddy) di perairan kalimantan Barat.

Titik bertemunya angin terbentuk di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga perairan selatan Sulawesi.

Sedangkan daerah belokan angin terdapat di wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Sumatra Barat dan kalimantan barat.

"Daerah dengan indeks stabilitas atmosfer menunjukan ada potensi perpindahan angin aktif/sedang sampai kuat yaitu di wilayah Sumatera barat , Bengkulu, Jambi, Kalimantan dan Sulawesi," ujar Fitri Annisa kepada tribun, minggu (25/2)

Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan yang signifikan khususnya di wilayah Provinsi Jambi.

Kata Fitri, hal ini mengakibatkan terjadinya hujan dengan intensitas hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang, sore, malam dan dini hari.

"Potensi ini diperkirakan sampai tanggal 27 februari 2018. Di wilayah Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batanghari dan kabupaten kerinci, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat dan Kota Jambi," kata Fitri Annisa

Dengan adanya potensi hujan ini. Masyarakat di himbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan. Seperti banjir terutama disekitar daerah aliran sungai (DAS) batanghari, tanah longsor angin kencang, pohon tumbang.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved